PENGARUH MODEL DECISION MAKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY DI SMPN 1 BUAY BAHUGA

UUN, INDASAH (2022) PENGARUH MODEL DECISION MAKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN COMPUTER SELF EFFICACY DI SMPN 1 BUAY BAHUGA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi UUN INDASAH (1811050361).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik SMPN 1 Buay Bahuga masih rendah. Hal tersebut salah satu penyebabnya kurang inovasi penerapan model pembelajaran yang digunakan, sehingga diperlukan inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Decision Making terhadap berpikir kritis matematis ditinjau dari kemampuan computer self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Buay Bahuga, sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 sebagai kelas kontrol menerapkan model pemebelajaran direct instruction dan VII-4 sebagai kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran decision making. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan angket compute self efficacy. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Hasil analisis diperoleh P-value 0,000 < 0,05 sehingga ditolak, nilai P-value 0,508 > 0,05 sehingga diterima, nilai P�value 0,501 > 0,05 sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan dari perhitungan analisis dapat disimpulkan : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Decision Making terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 2)Tidak terdapat pengaruh kemampuan Computer Self Efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Decision Making dengan kemampuan Computer Self Efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci : Decision Making, Berpikir Kritis, Computer Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:31
Last Modified: 06 Oct 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21237

Actions (login required)

View Item View Item