STRATEGI PEMASARAN DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT ASSYAFIIYAH DESA PULUNG KENCANA TULANG BAWANG BARAT

IDA, SOLEHAH (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT ASSYAFIIYAH DESA PULUNG KENCANA TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (863kB)
[thumbnail of SKRIPSI IDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembangdan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha dibidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan berjalan lancar. Sebagai lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkan pada masyarakat, keberadaan Bank Syariah belum begitu merakyat, ini dapat dilihat dari lokasi keberadaannya pada kota bisnis atau kota besar. Dari segi pelayanan pun keberadaannya tidak mampu menjangkau usaha mikro dikarenakan usaha tersebut tidak memenuhi prosedur Perbankan yang dibakukan Undang-Undang. Ketidakmampuan ini menjadi penyebab kekosongan segmen pasar keuangan di wilayah pedesaan, keadaan ini memungkinkan rentenir dan juga lembaga keuangan berbasis bunga lain untuk memasukinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Strategi Pemasaran dalam Pembiayaan Mudharabah Di BMT Assyafi’iyah Pulung Kencana? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan mudharabah yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk disusun, dijelaskan dan dianalisis, dan penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status sesuatu gejala yang ada, keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini yaitu Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah diBMT Assyafiiyah mengacu pada bauran pemasaran yang lebih ditekankan adalah promosi. Dalam melakukan strategi promosi BMT Assyafi’iyah menggunakan cara jemput bola dimana pegawai langsung datang kenasabah untuk mensosialisasikan produk pembiayaan mudharabah. Dalam mempromosikan pembiayaan mudharabah pihak BMT Assyafi’iyah tidak hanya menyebarkan brosur melalui media sosial, tetapi juga memberikan penjelasan iv tentang reward menarik produk pembiayaan mudharabah yaitu proses yang sangat mudah dan keuntungan yang didapat nasabah 70% dan untuk pemilik modal 30% sehingga nasabah tertarik terhadap produk pembiayaan mudharabah tersebut. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pembiayaan Mudharabah v ABSTRACT Marketing is one of the main activities carried out by entrepreneurs in an effort to maintain their survival, to develop and to earn a profit. The success or failure of achieving business goals depends on the expertise of the entrepreneur in the fields of marketing, production, finance and other fields. In addition, it also depends on the ability of the entrepreneur to combine these functions so that the company's business runs smoothly. As a financial institution in charge of collecting funds and distributing them to the public, the existence of Islamic banks is not yet so popular, this can be seen from the location of its existence in business cities or big cities. In terms of service, its existence is not able to reach micro-enterprises because these businesses do not comply with banking procedures standardized by law. This inability is the cause of the vacancy of the financial market segment in rural areas, this situation allows moneylenders and also other interest-based financial institutions to enter. The formulation of the problem in this research is How is the Marketing Strategy in Mudharabah Financing at BMT Assyafi'iyah Pulung Kencana? The purpose of this study was to determine the marketing strategy of mudharabah financing carried out by Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). The method used in this study is a qualitative research method, namely research that produces descriptive data in the form of words or words from people and observable behavior. The research specification used is descriptive qualitative research that aims to be compiled, explained and analyzed, and descriptive qualitative research is research that is intended to collect information about the status of an existing symptom, the state of the symptoms according to what they were at the time the research was conducted. The results of this study are the marketing strategy of mudharabah financing at BMT Assyafiiyah refers to the marketing mix which is more emphasized is promotion. In carrying out the promotion strategy of BMT Assyafi'iyah using the pick-up method where employees directly come to customers to socialize mudharabah financing products. In promoting mudharabah financing, BMT Assyafi'iyah not only distributes brochures through social media, but also provides an explanation of attractive rewards for mudharabah financing products, which is a very easy process and 70% benefits for customers and 30% capital owners so that customers are interested in the product. mudharabah financing. vi Keywords: Marketing Strategy, Mudharabah Financing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:03
Last Modified: 06 Oct 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item