STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) AL-ITTIHAD DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH DI KAMPUS UIN RADEN UNTAN LAMPUNG

AFIYAH, ISTIQOMAH (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) AL-ITTIHAD DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH DI KAMPUS UIN RADEN UNTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  AFIYAH ISTIQOMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Menjalin ukhuwah islamiyah merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan tetapi banyak masyarakat belum menerapkannya dan itu tidak hanya terjadi dilingkungan perkotaan maupun pedesaan akan tetapi lingkungan kampus demikian, contohnya mahasiswa/i tidak saling bertegur sapa serta sering terjadinya keributan antar organisasi di lingkungan kampus, padahal tinggal dilingkungan yang sama, maka dari permasalahan tersebut dapat dicegah atau diminimalisir salah satunya dengan mendakwahi, dan UKM Al-Ittihad hadir sebagai organisasi dakwah yang mendakwahkan ukhuwah islamiyah. Dari masalah tersebut peneliti tertarik untuk meneliti UKM Al-Ittihad, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimna strategi komunikasi dakwah UKM Al-Ittihad dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian Field Result, sumber data yang diambil dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive, adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumen dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ialah untuk menjalin ukhuwah islamiyah UKM Al-Ittihad melaksanakan progja yaitu, Halaqoh, Mabit, Kajian, Riyadhoh, Rujak Party dan kunjungan. Faktor Pendukung strategi komunikasi dakwah UKM Al-Ittihad dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah yaitu: Adanya pembinaan karakter, berpartisipasi dalam kegiatan, dikelilingi orang-orang sholih, serta teman-teman UKM Al�Ittihad yang memiliki transportasi, dan orang yang menginfaqkan hartanya. Faktor penghambat strategi komunikasi dakwah UKM Al�Ittihad dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah yaitu: Kurangnya partisipasi anggota, karakter yang terlalu pendiam serta belum tersentuhnya ilmu. Efek dari dakwah UKM Al-Ittihad yaitu : Menambah ukhuwah islamiyah kepada sesama muslim, mengetahui cara berinteraksi yang baik, banyak mengenal sunnah, lebih percaya diri dalam menyampaikan pesan dakwah sera lebih memahami hakikat kehidupan. Kesimpulan penelitian ini ialah UKM Al-Ittihad melakukan pendekatan dengan menjalin komunikasi yang baik lebih merangkul serta tidak membedakan antara pengurus dan anggota, serta bahasa yang digunakan dalam menjalain komunikasi menyesuaikan dengan kegiatan atau acara yang dilaksanakan. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, dakwah, Ukhuwah Islamiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:28
Last Modified: 06 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item