PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP/MTS BANDAR LAMPUNG

NIDIA, APRILIA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP/MTS BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP/MTS BANDAR LAMPUNG Oleh Nidia Aprilia Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan guru belum maksimal, bahan ajar yang ditemui saat ini berupa modul dan buku paket. guru belum menggunakan bahan ajar lembar kerja pesert didik berbasis contextual teaching and learning dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan diselangi dengan peserta didik mencatat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara dikembangkan nya lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning dan untuk mengetahui lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning dapat dikatakan layak sebagai bahan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Brog and Gall didalam Sugiyono yang disederhanakan menjadi tujuh langkah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar angket, dengan tiga validator yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media serta lembar angket untuk tanggapan guru dan respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik kelas kelas VII persentase yang didapat sebesar 80% untuk ahli materi yang dapat dikategorikan layak, 100% untuk ahli bahasa yang dapat dikategorikan sangat layak, 80% untuk ahli media yang dapat dikategorikan layak. untuk tanggapan guru mendapatkan 83% yang termasuk kategori sangat layak dan 82% respon peserta didik yang termasuk kategori sangat layak. jadi dapat disimpulkan media yang dikembangkan berupa bahan ajar lembar kerja peserta didik berbasis contextual teaching and learning dapt dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik IPA berbasis Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:56
Last Modified: 05 Oct 2022 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item