ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PERKAWINAN YANG DILAKUKAN SEBELUM HABIS MASA IDDAH (Studi Kasus Desa Tempuran 12B Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah)

Fatimah, Fauziah Zahra (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PERKAWINAN YANG DILAKUKAN SEBELUM HABIS MASA IDDAH (Studi Kasus Desa Tempuran 12B Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Fatimah Fauziah Zahra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam islam bahwa iddah merupakan masa menanti yang diwajibkan atas perempuan yang dicerai oleh suaminya (cerai mati maupun cerai hidup), dan juga masa penantian seorang perempuan sebelum kawin lagi setelah kematian suaminya atau berpisah (bercerai) dari suaminya. Namun dalam kehidupan sehari-hari pada masyarakat di desa tempuran 12b kecamatan trimurjo kabupaten lampung tengah jarang sekali praktek iddah ini diterapkan, yang mana mayoritas masyarakat Desa Tempuran 12B tidak mempedulikan aturan-aturan tentang masalah iddah baik cerai hidup maupun cerai mati. Permasalahan yang diangkat dari skripsi ini adalah (1) apakah faktor-faktor yang mendorong terjadinya perkawinan sebelum habis masa iddah di Desa Tempuran 12b Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah? (2) bagaimana analisis hukum islam tentang perkawinan yang dilakukan sebelum habis masa iddah didesa tersebut? (3) bagaimana analisis hukum positif tentang perkawinan yang dilakukan tentang perkawinan yang dilakukan sebelum habis masa iddah?. Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong terjadinya perkawinan sebelum habis masa iddah didesa tersebut, untuk mengetahui analisis hukum islam tentang perkawinan yang dilakukan sebelum habis masa iddah didesa tersebut, untuk mengetahui analisis hukum positif tentang perkawinan yang dilakukan sebelum habis masa iddah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi untuk mendeskripsikan masalah yang ada. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemeriksaan data (editing) dan klasifikasi (classifying). Hasil dari penelitian ini berkesimpulan bahwa Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi, terjadinya pernikahan sebelum berakhirnya masa iddah di Desa Tempuran 12b Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah antara lain: a. Pengen mempunyai keturunan anak karena faktor umur, b. Kebutuhan ekonomi. Beberapa alasan mengapa orang tua mereka mengiinkan pernikahan padahal sedang menjalani masa iddah adalah: a. Karena mereka tidak mau iii terjadi hal yang tidak di inginkan diantara keduanya dan menimbulkan fitnah oleh para tetangganya, b. Mereka berfikir untuk kehidupan anak-anak mereka yang jauh lebih baik kedepannya. berdasarkan pengamatan penitian ini bahkan ada yang dinikahkan oleh pejabat berwenang dalam hal ini adalah KUA. Dan dalam hal ini perkawinan yang dilakukan sebelum habis masa iddah di Desa Tempuran 12b Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah cenderung kurang tepat dan menyalahi nilai-nilai hukum yang dibangun dalam hukum islam dan hukum positif. Seharusnya, hukum ditempatkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang justru bertentangan dengan hukum iddah tersebut. Key Word: Hukum Islam, Hukum Positif, Perkawinan, Masa Iddah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:13
Last Modified: 05 Oct 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21218

Actions (login required)

View Item View Item