PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI PICSART SEBAGAI MEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIER PESERTA DIDIK SMA

INDRA, GUNAWAN (2022) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL DENGAN APLIKASI PICSART SEBAGAI MEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KARIER PESERTA DIDIK SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDRA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan komik digital sebagai media dalam layanan bimbingan karier peserta didik SMA, (2) Mengetahui kelayakan komik digital sebagai media dalam layanan bimbingan karier peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru bimbingan konseling. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 peserta didik kelas XI IPS SMAN 10 Bandar Lampung dan 31 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bukit Kemuning. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media layanan komik digital yang dapat diakses dari smartphone maupun komputer secara online. Media yang dikembangkan mendapatkan penilaian baik dari para ahli dengan rerata skor kelayakan sebesar 4,42 dalam skala 5 masuk pada kategori sangat layak. Dalam uji usabilitas, peserta didik turut memberikan respon positif dengan rerata skor keseluruhan sebesar 5,69 dalam skala 7 masuk pada kategori layak. Kata Kunci: Media Layanan, Komik Digital, Bimbingan Karier. ABSYRACT This research aims to: (1) Development digital comics as a medium in career guidance services for high school student, (2) Knowing the feasibility of digital comics as a medium in career guidance services for high school student. The type of this study is Research and Development (R&D) with ADDIE development model. ADDIE model consists of five stages; analyze, design, develop, implementation, and evaluation, but it was only conducted up to the fourth stages, which was implementation. Media validity was evaluated by subject experts, media experts, and economics teachers. That developed media was tested on 31 student of class XI IPS SMAN 1O Bandar Lampung and 31 student of class XI IPA SMAN 1 Bukit Kemuning. Descriptive quantitative technique was used to analyze the obtained data from the questionaire. The result of this conducted research and development is digital comics service media that can be accessed online through smartphone as well as computer. The developed media obtained good appraisal from experts with average feasibility score of 4,22 on a scale of 5. In the usability test, learners also gave a positive response with average overall score of 5,69 on a scale of 7. Keywords: Learning Media, Digital Comics, Career Guidance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:43
Last Modified: 05 Oct 2022 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item