Implementasi pembelajaran aktif (Active Learning) dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di Sma Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang.

Suhadak rovik, Mukhammad (2017) Implementasi pembelajaran aktif (Active Learning) dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di Sma Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (620kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I-V.pdf]
Preview
PDF
Download (692kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (189kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dan motivasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diharapkan belum dapat tercapai dengan maksimal. Pembelajaran aktif (active learning) masih jarang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru kurang membekali kemampuannya dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran aktif (active learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran aktif (active learning) dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Banjar Margo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu : (1) observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran aktif (active learning) dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Banjar Margo, (2) wawancara yaitu untuk mengetahui berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran aktif (active learning) dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Banjar Margo, dan (3) dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan pembelajaran aktif (active learning) dalam pembelajaran PAI seperti rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, silabus pembelajaran, dokumen kegiatan pembelajaran dan lain-lain. Pembelajaran aktif (active learning)yang diterapkan di SMA Negeri 1 Banjar Margo diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik pembelajaran, dan media pembelajaran. Komponen-komponen tersebut di rancang agar pada pelaksanaan pembelajaran siswa lebih aktif. Dengan pelaksanaan pembelajatan aktif (active learning) ini, siswa tidak hanya aktif secara emosional tetapi juga perasaan, intelektual, penginderaannya serta fisiknya, sehingga pada saat evaluasi dan penilaian akan didapatkan hasil belajar yang lebih baik. Metode pembelajaran yang digunakan pada saat pelaksanaan pembelajaran aktif (active learning)diantaranya adalah presentasi, simulasi diskusi kelompok dengan metodejigsaw model tim ahli dan cooperatif script. Dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut, guru terlebih dahulu membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran, kemudian melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Penerapan metode ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada siswa mengenal, memahami, menghayati, dan menerapkan materi yang di sampaikan guru dalam kehidupan siswa, sehingga tujuan pembelajara PAI dapat terwujud.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 07:00
Last Modified: 13 Nov 2017 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item