KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MURID (STUDI TPA/MDA NURUL ISLAM BANDAR JAYA, LAMPUNG TENGAH)

FIRMAN, AHMAD ARIF (2022) KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MURID (STUDI TPA/MDA NURUL ISLAM BANDAR JAYA, LAMPUNG TENGAH). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIRMAN AHMAD ARIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berdasarkan pada masalah tentang karakter anak yang seharusnya berkarakter homat kepada yang lebih tua dan disiplin namun pada kenyataannya masih ada anak-anak yang tidak berkarakter seperti yang disebutkan. Komunikasi dakwah ustadz di TPA/MDA Nurul Islam Bandar Jaya pada dasarnya dilatar belakangi oleh sebuah masalahtersebut dan disinilah tugas dari seorang ustadz adalah untuk membina dan memebentuk karakter anak menjadi karakter hormat dan disiplin agar kedepannya anak anak tersebut menjadi insan manusia yang berkarakter mulia. Kemudian adalah Bagaimana metode komunikasi dakwah ustadz dalam membentuk karakater hormat, disiplin di TPA/MDA Nurul Islam Bandar Jaya, Lampung Tengah. Penelitian merupakan penelitian lapangan (feiled research) bersifat kualitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara systemmatis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai tentang pelaksanaan komunikasi dakwah dalam membentuk karakter, sedangkan data sekumder berupa data dan arsip yang ada di TPA/MDA Nurul. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metotde wawancara, metode pengamatan, dan metode dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan adalah Komunikasi dakwah yang digunakan oleh ustadz dengan menggunakan metode keteladanan yaitu metode komunikasi dakwah yang memberikan keteladanan perilaku oleh seorang guru kepada murid, sehingga nantinya para murid akan tertarik untuk mengikuti apa yang dicontohkan oleh gurunya. Metode Ta'widiyah atau pembiasaan tujuan untuk memberikan efek pembiasa para murid. Metode Reward dan Punisment tujuan metode ini adalah untuk menumbuhkan motivasi anak untuk agar termotivasi anak untuk lebih rajin dalam pembelajaran, berbuat baik dan disiplin. Metode bil Hikmah yaitu menyampaikan dakwah atau materi pembelajaran dengan cara yang arif bijaksana. Metode Mau'izah pemberian nasehat mempunyai pengaruh besar untuk membuka hati para murid terhadap mendorongnya kepada hal-hal yang positif dengan akhlak yang baik. Metode Tanya Jawab yaitu metode yang dilakukan dengan menggunakantanya jawab antara seorang guru dan murid. Kata kunci: Komunikasi, Dakwahdan Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:46
Last Modified: 05 Oct 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21206

Actions (login required)

View Item View Item