PERAN BUMDES DALAM PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BUMDES Mandiri Sejahtera Desa Tiyuh Margo Mulyo Kec.Tumijajar Kab.Tulang Bawang Barat)

Abdul, Khalim Rizal (2022) PERAN BUMDES DALAM PEMBERDAYAAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BUMDES Mandiri Sejahtera Desa Tiyuh Margo Mulyo Kec.Tumijajar Kab.Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ABDUL HALIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Undang-Undang No 6 Tahun 2014 bahwa Desa disarankan untuk memiliki suatu usaha yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan pokok dan tersedianya sumber daya Desa yang belum dimanfaatkan, dan tersedianya sumderdaya manusia yang mampu mengelola badan usaha sebagai aset penggerak perekonomian masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Pemerintah Desa Tiyuh Margo Mulyo mendirikan BUMDES Mandiri Sejahtera yang diharapkan dapat meringankan kehidupan ekonomi masyarakat melalui program pelatihan, penyuluhan agar masyarakat mempunyai pemahaman dan keterampilan dalam mengelola usahanya. BUMDES Mandiri Sejahtera telah berdiri dari tahun 2017 dengan 2 unit usaha dan 2 program pemberdayaan. Keberadaan BUMDES masih belum bisa berjalan efektif banyak masyarakat belum tergugah untuk bergabung dan memanfaatkan adanya BUMDES.Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peran BUMDES Mandiri Sejahtera dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta bagaimana peran BUMDES Mandiri Sejahtera dalam pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat perspektif Ekonomi Islam.Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Data diperoleh dengan cara observasi, Interview/ wawancara, dan dokumentasi. Dengan Subjek penelitian Proposional Sampling Random yaitu 75 orang yang terdiri dari ketua BUMDES Mandiri Sejahtera sekretaris BUMDES Mandiri Sejahtera, bendahara BUMDES Mandiri Sejahtera dan 68 orang masyarakat Desa Tiyuh Margo Mulyo . Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa BUMDES Mandiri Sejahtera Desa Tiyuh Margo Mulyo yang berdiri sejak tahun 2017 dan memiliki 2 unit usaha yaitu unit usaha pertanian berupa pertanian dan usaha persawahan. Selain itu juga ada program pemberdayaan masyarakar berupa penyuluhan dan pelatihan pertanian yang hingga saat ini paling berkembang dalam menungkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.Peran BUMDES Mandiri Sejahtera yang sudah berdiri sejak tahun 2017 belum dapat memaksimalkan peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari perspektif Ekonomi Islam, masyarakat Tiyuh Margo Mulyodikatakan telah terpenuhinya kebutuhan dasar yang bersifat fisik saja seperti makanan dan tempat tinggal namun juga yang bersifat non-fisik seperti pendidikan dan spiritualitas. Terpenuhinya kebutuhan primer (Dlaruriyyat), kebutuhan sekunder (Hajiyyat) dan kebutuhan tersier(Tahsiniyyat). Kata kunci : BUMDES, Pemberdayaan Masyarakat, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:40
Last Modified: 04 Oct 2022 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item View Item