TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN HARGA SEWA TEMPAT JUALAN DI DERMAGA BOM (Studi Kasus di Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan)

Sahri, Darmawan (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN HARGA SEWA TEMPAT JUALAN DI DERMAGA BOM (Studi Kasus di Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sahri Darmawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dermaga BOM adalah salah satu Dermaga yang terletak di Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Dermaga ini dikelola oleh aparatur Desa Maja dan Masyarakat Desa Maja untuk kesejahteraan masyarakat Desa Maja. Sistem sewa menyewa yang terdapat disana terjadi perbedaan penentuan harga sewa berdasrkan masyarakat asli Desa Maja dan bukan masyarakat Desa Maja. Permasalahan yang di angkat mengenai perbedaan penentuan harga pada sistem pembayaran sewa yang diterapkan pada masyarakat desa maja dan bukan masyarakat desa maja. Sebagaimana ketentuan harga tersebut 4.000.000 untuk masyarakat desa maja dan 6.000.000 untuk bukan masyarakat desa maja. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok permasalahan yang selanjutnya akan menjadi objek pembahasan. Adapun rumusan maslah sebagai berikut: 1) Bagaimana Sitem Penentuan harga sewa-menyewa yang terjadi pada penjual yang menyewa lapak di dermaga Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penentuan harga sewa-menyewa yang terjadi di dermaga Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan? Tujuan Penelitian Untuk mengetahui praktik pelaksanaan sewa-menyewa yang terjadi pada penjual yang menyewa lapak di dermaga Desa Maja. Untuk mengetahui Bagaimana perbedaan penetapan harga sewa-menyewa yang terjadi di dermaga Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian yang diangkat mengunakan merupakan jenis field research (lapangan) dan library reseach (pustaka) dengan metode deskriptif analitis, sumber data yang didapat dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data Observasi dan Wawancara. Analisa data yang digunakan ialah analisis kualitatif. Hasil penelitian yang didapat perbedaan penetapan harga sewa yang dikelola dikarenakan yang melestarikan lapak adalah koperasi dermaga BOM sedangkan yang melestarikan lapak pedagang kaki lima iyalah penduduk setempat. Kemudian apabila dianalisis berdasarkan hukum Islam, penetapan harga sewa dilakukan untuk kepentingan masyarakatnya, dalam hal ini agar tercipta keadilan bersama dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dermaga Bom Desa Maja. Hal ini telah memenuhi syarat penetapan harga oleh hukum Islam yang bersifat adil. Sehingga penetapan Harga di Dermaga BOM di Desa Maja Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung selatan Hukumnya diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:20
Last Modified: 04 Oct 2022 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21202

Actions (login required)

View Item View Item