Analisis manajemen sumber daya manusia pada pendidikan dan tenaga kependidikan di Mdrasah Tsanawiyah swasta Kabupaten Tanggamus

Ilhami, Ilhami (2017) Analisis manajemen sumber daya manusia pada pendidikan dan tenaga kependidikan di Mdrasah Tsanawiyah swasta Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (463kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (756kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (333kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (541kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (84kB) | Preview

Abstract

Banyak madrasah yang menjadi sorotan masyarakat terkait kualitas sumberdaya manusia pendidik dan tenaga pendidikan khususnya di madrasah, hal ini karena di samping jumlahnya yang sangat banyak namun kualitas pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan sampai sejauh ini belum mampu sejajar dengan pendidikan umum lainnya. Kendatipun demikian lembaga madrasah perlu melaksanakan setrategi yang salah satunya adalah pelaksanaan Planning, Organizing, Actuating, Controlling pendidik dan tenaga kependidikan secara kontinu. Fokus penelitian ini adalah Manajemen Semberdaya Manusia pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah al-Hidayah Pertiwi dan Madrasah Tsanawiyah Pelajar Islam Putihdoh, dalam hal ini meliputi: Perencanaan rekrutmen pendekatan personal dan seleksi yang tidak relevan dengan latar belakang pendidikan. Pengorganisasian dengan penempatan yang diatur secara lansung oleh Ketua Yayasan dan Kepala Madrasah. Penggerakan fisik dan non-fisik melalui pelatihan dilaksanakan secara berkala dan pengontrolan dengan penerapan kedisiplinan yang baik dan pemberhentian dilakukan jika melanggar kedisiplinan secara berulang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dan dokumen dikumpul dan dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data dan dokumen tersebut diperiksa validatasnya melalui triangulasi metode, teori dan sumber. Selanjutnya data dan dokumen tersebut dianalisis secara diskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan manajemen semberdaya manusia pada pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Pertiwi dan Madrasah Tsanawiyah Pelajar Islam Putihdoh Kecamatan Cukuhbalak Kabupaten Tanggamus. Aspek perbandingan itu diantaranya, perbandingan manajemen Perencanaan Rekrutmen Pendidik, Pengorganisasian Penempatan tenaga pendidik dan kependidikan, Penggerakan Tenaga Pendidik dan kependidikan, dan manajemen Pengawasan pada penilaian kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan. Subjek terpenting dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru-guru, komite madrasah dari kedua sekolah tersebut. Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Pertiwi dan Madrasah Tsanawiyah Pelajar Islam Putihdoh, memiliki banyak persamaan dan perbedaan di beberapa aspek oleh karenanya wajib untuk meningkatkan mutu madrasah serta diharapkan dapat menjadi khazanah dan masukan bagi madrasah. Hasil analisis dituangkan dalam tugas pokok dan fungsi, hasil analisis jabatan ini dilakukan pengisian dan penempatan personil dalam jabatan sesuai dengan kapasitas intelektual, kapabilitas, pengalaman kerja dan ketauladanan. (1) penarikan dan seleksi terhadap calon GTT dan PTT dilaksanakan dengan mendasarkan pada pertimbangan prestasi akademik, non akademik, dan akhlak yang baik. (2) pelatihan dan pengembangan SDM yang dilakukan masih cenderung pada pengukuran keberhasilan dan kegagalan pelatihan dari segi pelaksanaan, bukan berorientasi pada apakah secara efektif pelatihan yang dilaksanakan itu mampu merubah perilaku dan performance para peserta ke arah tujuan madrasah. (3) evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan tiga tahap, yaitu evaluasi bulanan, tengah semester dan evaluasi akhir tahun. Tupoksi sebagai standar pekerjaan, menjadi tolok ukur atau alat penilai tingkat keberhasilan dan kegagalan seorang pendidik dan tenaga kependidikan, dalam hal ini Kepala Sekolah sebagai supervisor yang dibantu beberapa orang yang ditunjuk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:55
Last Modified: 13 Nov 2017 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item