IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS DALAM KEBEBASAN PERS DI INDONESIA DITINJAU DARI FIQH SIYASAH (Studi Pada PWI Provinsi Lampung)

ARI, WIBOWO RIZAL FRIMANTO (2022) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS DALAM KEBEBASAN PERS DI INDONESIA DITINJAU DARI FIQH SIYASAH (Studi Pada PWI Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mengeluarkan pendapat adalah sebuah hak yang harus diperjuangkan sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945. Perjuangan untuk mengeluarkan pendapat juga pernah dilakukan oleh pers Indonesia sebelum orde baru runtuh. Masa orde baru bisa dibilang masa yang suram bagi pers Indonesia. Pers Indonesia memiliki banyak organisasi wartawan, sebagai wadah organisasi berkumpulnya Insan Pers. Ada tiga fungsi organisasi wartawan, yaitu menjaga kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan wartawan. Salah satu organisasi wartawan yang telah lama berdiri adalah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Organisasi wartawan PWI telah difungsikan disetiap daerah di Indonesia. Termasuk di Lampung, yaitu PWI Cabang Provinsi Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana implementasi Undang�undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dalam kebebasan Pers di PWI Provinsi Lampung? dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dalam kebebasan Pers di PWI Provinsi Lampung? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding, dan sistematisasi data, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan, pertama, implementasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dalam kebebasan pers di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung yaitu sudah sesuai. Hal ini dibuktikan bahwa dengan adanya Undang�undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, wartawan di PWI iii Cabang Lampung memiliki kebebasan dalam mencari dan menyebar luaskan informasi. Wartawan PWI Cabang Lampung sekarang bisa bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku karena kebebasan wartawan untuk menyampaikan sebuah informasi sudah bisa dilindungi oleh undang-undang. Kedua, implementasi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dalam kebebasan pers di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung sudah sesuai dengan konsep di dalam fiqh siyasah, di mana konsep fiqh siyasah merupakan pengaturan perundang-undangan yang diciptakan untuk memelihara ketertiban dan kemaslahatan serta mengatur keadaan. Lebih lanjut pengertian Siyasah adalah segala perbuatan yang membawa manusia lebih dekat kepada kemaslahatan dan lebih jauh dari ke-mafsadatan, sekalipun Rasululullah saw tidak menetapkannya dan (bahkan) Allah swt tidak menentukannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:03
Last Modified: 04 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item