PENGARUH SISTEM PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KERETA API DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Stasiun Kereta Api Tanjung Karang Pusat)

CUT, RANIE ADITYA (2022) PENGARUH SISTEM PEMBELIAN TIKET SECARA ONLINE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KERETA API DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Stasiun Kereta Api Tanjung Karang Pusat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan sistem e-ticketing untuk pembelian tiket bagi calon penumpang. Penerapan sistem ini diharapkan dapat memudahkan para konsumen yang akan menggunakan jasa transportasi menjadi aman, nyaman. Kenyamanan pelanggan merupakan bagian penting dalam bisnis, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan kenyanyaman sehingga pelanggan akan merasa puas dan akan berdampak pada penggunaan kembali jasa oleh pelanggan serta dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada aplikasi kai access diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam penggunaan jasa kereta api. Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Pengaruh Sistem Pembelian Tiket Secara Online Terhadap Kepuasan Pelangggan Kereta Api 2. Bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api 3. Bagaimana Pengaruh Sistem Pembelian Tiket Secara Online Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Kereta Api Dalam Perspektif Ekonomi Islam? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dilihat dari sisi sifat penelitian ini bersifat asosiatif, yaitu untuk mencari pengaruh antara satu variabel dengan variabel yang lain. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah jumlah rata-rata punumpang di Stasiun Kereta Api Divisi Regional IV Tanjung Karang Pusat sebanyak 7.151 penumpang pada periode 2021. dengan nilai N 100. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengujian yang didapatkan fhitung < ftabel yaitu sebesar 33,860 > 2,70 dengan angka signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pembelian tiket online (X1) dan kualitas pelayanan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan pelanggan Kata Kunci : Sistem Pembelian Tiket Secara Online, Kualitas Pelayanan ABSTRACT Transportation is an important development tool in smoothing the wheels of the economy and affects all aspects of life. The importance of transportation is reflected in the increasing need for transportation services for the community and goods as a result of increasing population development and the development of increasingly widespread settlements, especially in big cities. Buses and trains are land transportation that is most often used by Indonesian people to fulfill their need to move from one place to another. Based on the background of the problem above, it can be concluded that the problems to be discussed in this study are: 1. How is the Effect of Online Ticket Purchase System on Railway Customer Satisfaction 2. How is the Effect of Service Quality on Railway Customer Satisfaction 3. How is the Influence of the Online Ticket Purchase System Online and Service Quality Against Railroad Satisfaction in Islamic Economic Perspective In this study, the author uses a quantitative approach. Survey methods are used to obtain data naturally, for example by distributing questionnaires and so on. In terms of the nature of this research is associative, namely to find the effect of one variable with another variable. The population studied in this study is the average number of passengers at the Regional Division IV Train Station Tanjung Karang Pusat in the year 2021, as many as 7,151 passengers in the 2021 period. With a value of N 100. This can be evidenced by the test results obtained fcount ftable which is equal to 33,860 > 2.70 with a significance number of 0.00 < 0.05, it can be concluded that the online ticket purchasing system (X1) and service quality (X2) have a significant influence significantly. together on the customer satisfaction variable (Y). 1,660). In this case the quality of service has a positive effect on customer satisfaction. an online ticket purchase system and service quality that is in accordance with Islamic economic principles. Keywords: Online Ticket Purchase System, Service Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:22
Last Modified: 04 Oct 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item