PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF KELAS IV SD/MI

ATHIYYAH, BERLIANDA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Athiyyah Berlianda 1811100417.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku ajar tematik, peserta didik masih sulit memahami materi yang ada pada buku cetak, peserta didik lebih menyukai belajar menggunakan video pembelajaran, materi yang ada pada bahan ajar masih belum lengkap, peserta didik dan pendidik membutuhkan bahan ajar yang terbarukan agar proses kegiatan belajar mengajar dapat bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul Bahasa Indonesia berbasis pendekatan komunikatif kelas IV SD/MI. Mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul Bahasa Indonesia berbasis pendektan komunikatif kelas IV SD/MI, serta untuk mengetahui respon pendidik terhadap e-modul Bahasa Indonesia berbasis pendekatan komunikatif kelas IV SD/MI. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE. Fungsi dari model ADDIE adalah menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pembelajaran yang efesien, dinamis, dan mendukung kinerja pembelajaran itu sendiri. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis,Design,Development, Implementation, and Evaluation. Hasil penilaian ahli materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 85,71%, penilaian ahli bahasa sebesar 82% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli media dinyatakan sangat layak dengan persentase 92,2%. Respon pendidik sebesar 87,1% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik pada uji coba skala kecil sebesar 91,2% dengan kriteria sangat layak, dan respon peserta didik pada uji coba skal besar sebesar 91% dengan kriteria sangat layak. Sehingga e�modul Bahasa Indonesia berbasis pendekatan komunikatif kelas IV SD/MI layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : E-modul, Bahasa Indonesia, Pendekatan Komunikatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:17
Last Modified: 03 Oct 2022 08:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21189

Actions (login required)

View Item View Item