PEMANFAATAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA INSANI KALIREJO LAMPUNG TENGAH

NAHDA, ROSTANIZA (2022) PEMANFAATAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA INSANI KALIREJO LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Nahda Rostaniza.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Pengetahuan seksual anak usia dini merupakan hal penting yang dapat dibekali kepada anak dimulai sejak sedini mungkin. Penmberian pengetahuan seksual pada anak adalah sebuah keharusan yang harus dilakukan bagi para pendidik ataupun orang tua. Pemberian Pengetahuan seksual merupakan sebuah pengenalan kepada anak tentang bagaimana menjaga kebersihan diri, menggunakan toilet dengan benar,membedakan laki-laki dan perempuan serta dapat menlindungi diri dari kasus kekerasan seksual. Dalam pemberian pengetahuan seksual dapat diberikan melalui media gambar, salah satunya adalah media pop up book. Media pop up book merupakan salah satu media berbentuk tiga dimensi, yang mampu menjadi daya tarik anak dalam proses pembelajaran dikelas. Berdasarkan latar belakang masalahmaka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan media pop up book dapat meningkatkan pengetahuan seksual pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Bina Insani KalirejoLampung Tengah?. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan seksual anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media pop up book di Taman Kanak-kanak Bina Insani Kalirejo Lampung Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok B TK Bina Insani Kalirejo Lampung Tengah yang berjumlah 10 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu pengetahuan seksual dalam diri anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini yang telah dilakukan di Taman Kanak-kanak Bina Insani Kalirejo Lampung Tengah yaitu didapatkan hasil bahwa pemanfaatan media pop up book dapat meningkatkan pengetahuan seksual anak usia 5-6 tahun TK Bina Insani Kalirejo Lampung Tengah, hal ini dapat dibuktikannya dari adanya peningkatan pengetahuan seksual anak pada setiap siklusnya. Pada pra siklus dalam pengetahuan seksual terdapat 10 anak dan diperoleh 0 anak atau 0% yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus I terdiri dari 10 anak, 4 anak atau 40% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus II terdiri dari 10 anak, yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB) ada 8 anak yatu 80%. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 75% peserta didk kelompok B TK Bina Insani Kalirejo Lampung Tengah pengetahuan seksual dapat berkembang sangat baik dapat tercapai. Kata Kunci :Media Pop Up Book, Pengetahuan Seksual iv Abstrak Early childhood sexual knowledge is an important thing that can be provided to children starting as early as possible. Giving sexual knowledge to children is a must that must be done for educators or parents. Giving sexual knowledge is an introduction to children about how to maintain personal hygiene, use the toilet properly, distinguish between men and women and can protect themselves from cases of sexual violence. In providing sexual knowledge, it can be given through image media, one of which ispop up book media. Pop-up book media is one of the three-dimensional media, which can be an attractionfor children in the learning process in the classroom. Based on the background of the problem, the formulation of the problem in this study is whether the use of pop up book media can increase sexual knowledge in children aged 5-6 years at the Kindergarten of Bina Insani Kalirejo, Central Lampung?. This study aims to increase the sexual knowledge of children aged 5-6 years by using a pop up book in the Kindergarten of Bina Insani Kalirejo, Central Lampung. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were all students of group B TK Bina Insani Kalirejo Central Lampung, totaling 10 students. The object of this research is sexual knowledge in children. The data collection technique used is using interview, documentation and observation techniques Based on the results of the analysis in this study which was carried out at the Kindergarten of Bina Insani Kalirejo, Central Lampung, it was found that the use of pop up book media can increase the sexual knowledge of children aged 5-6 years at Bina Insani Kalirejo Kindergarten, Central Lampung, this can be proven from an increase in children's sexual knowledge in each cycle. In the pre-cycle in sexual knowledge there were 10 children and obtained 0 children or 0% who met the criteria for developing very well (BSB). In the first cycle consisted of 10 children, 4 children or 40% of the number of children who met the criteria for developing very well (BSB). In the second cycle, there were 10 children, who met the criteria for developing very well (BSB) there were 8 children, namely 80%. Thus, the indicator of successthat has been determined is that if 75% of students in group B TK Bina Insani Kalirejo, Central Lampung,sexual knowledge can develop very well, it can be achieved. Keywords: Pop Up Book Media, Sexual Knowledge

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:05
Last Modified: 03 Oct 2022 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21187

Actions (login required)

View Item View Item