AKAD RESELLER TOKO ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Olshop Amanah di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus)

INTAN, DESMA LIANA FRA,MANIKA (2022) AKAD RESELLER TOKO ONLINE PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Olshop Amanah di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Intan Fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Reseller Toko Online Olshop Amanah merupakan salah satu aktifitas jual beli yang dilakukan oleh masyarakat Desa Kiluan Kecamatan kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Hal tersebut disebabkan karena pemilik toko tidak bisa mengolalanya sedangkan reseller tidak memiliki tokonya atau tempat. Maka memang sangat potensial karena tidak dibatasi ruang dan waktu, dan dapat dilakukan setiap saat dan dapat menjangkau calon konsumen yang luas hingga seluruh dunia. Maka dilakukan reseller online tersebut antara reseller dan konsumen dan pemilik toko olshop amanah dengan menggunakan sistem upah. Namun ketika barang yang diakadkan oleh konsumen dan reseller tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh konsumen, sehingga menimbulkan kemudharatan karena produk tidak sesuai dengan gambar yang dikirimkan. Tentunya dalam hal ini meimbulkan kemudharatan dari segi praktik akad reseller online terhadap konsumen tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana Praktik Akad Reseller Toko Online di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus? dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik Akad Reseller Toko Online di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus? Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Praktik Akad Reseller Toko Online di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. dan Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik Akad Reseller Toko Online di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif untuk memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang berlaku saat ini dengan mendeskripsikan, mencatat, menganalisa, dan menginterprestasikan praktik akad reseller online dengan sistem upah setoran pakai uang reseller. Metode yang dipakai dalam teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan datanya dilakukan dengan sistematisasi dan teknik editing data. Berdasarkan hasil penelitian, praktik akad reseller toko online menggunakan sistem upah (ijarah) setoran dibayarkan pakai uang reseller di Desa Kiluan Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus terjadi antara pemilik toko dan reseller menggunakan sistem upah dan ketentuan dalam penyetoran tidaklah ditentukan karena tergantung dari konsumen. Praktik penyetoran menggunakan uang reseller di perbolehkan karena terpenuhinya rukun dan syarat bai’ (jual beli) dan juga terdapat unsur kerelaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:59
Last Modified: 03 Oct 2022 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21186

Actions (login required)

View Item View Item