TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA SEWA MENYEWA MOBIL (Studi di ASSA Rent Teluk Betung Utara Bandar Lampung)

AYUNDA, OCTAVIANI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA SEWA MENYEWA MOBIL (Studi di ASSA Rent Teluk Betung Utara Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  AYUNDA OCTAVIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era modern ini perkembangan ekonomi semakin pesat dalam bidang jasa khususnya jasa transportasi darat yaitu sewa mobil, Sewa menyewa merupakan hal yang lumrah dilakukan masyarakat Dengan diadakannnya perjanjian timbullah akibat hukum dan akibat tersebut terjadi apabila pihak-pihak yang mengadakan perjanijan telah mencapai kata sepakat, Adanya wanprestasi yaitu bentuk tidak melakukan yang dijanjikannya karena iya lalai atau ingkar janji. Atau juga iya melanggar perjanjian, Di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung yang menjadi objek penelitian berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi yaitu adanya wanprestasi keterlambatan dalam pembayaran sewa mobil. Rumusan masalah yang terdapat pada kasus ini adalah Bagaimana penyelesaian wanprestasi terhadap perjanjian sewa menyewa mobil di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi dalam sewa-menyewa mobil di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian yang saya lakukan adalah Untuk mengetahui bagaimana ASSA Rent menyelesaikan wanprestasi Terhadap perjanjian sewa menyewa mobil di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian wanprestasi sewa menyewa mobil Di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung. Jenis Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Pendekataan penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologi. Data primer diperoleh melalui metode wawancara dan data skunder diambil dari rujukan kepustakaan berupa buku-buku, hasil penelitian seperti jurnal, skripsi dan sumber lain nya yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan teknik Wawancara , Dokumentasi dan Observasi Pada penelitian ini penulis memberikan kesimpulan bahwa Penyelesaian wanprestasi keterlambatan pengembalian dalam sewa mobil di ASSA Rent Teluk Betung Bandar Lampung yaitu penyewa yang melakukan wanprestasi keterlambatan pembayaran dalam sewa mobil seperti yang sudah di sepakati di perjanjian awal, penyewa melakukan Wanprestasi maka akan mendapat surat peringatan, surat peringatan tersebut berisi himbauan agar penyewa membayar biaya sewa secepatnya karena jika tidak penyewa harus membayar denda. Penyewa yang tidak mau membayar denda akan dilakukan penarikan barang sewaan dengan syarat harus tetap membayar sisa biaya sewa beserta denda. Maka jalan yang ditempuh dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi adalah sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dengan mengedepankan asas musyawarah mufakat. Kata Kunci :Tinjauan Hukum Islam, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:24
Last Modified: 03 Oct 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item