ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PEMBIAYAAAN BERMASALAH (STUDI PADA BMT FAJAR KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG)

MELIA, AGUSTINA (2022) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PEMBIAYAAAN BERMASALAH (STUDI PADA BMT FAJAR KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELIA AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen risiko adalah serangkaian metodologi dan prosedur yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengelola risiko yang timbul dari seluruh kegiatan usaha bank, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen risiko pembiayaan murabahah secara internal dan eksternal terhadap kinerja pembiayaan bermasalah pada BMT Fajar Kantor Cabang Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 1 orang dengan posisi jabatan kepala cabang, 1 orang dengan posisi jabatan Bagian oprasional atau kasir, dan 3 orang bagian Accoun Ofice (AO) BMT Fajar Kantor Caang Bandar Lampung. Data yang digunakan adalah data primer.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dengan menggunakan asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji parsial (t tes) mengindikasikan bahwa variabel manajemen risiko pembiayaan murabahah secara internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pembiayaan bermasalah, dan variabel manajemen risiko pembiayaan murabahah secara eksternal juga memiliki pengaruh terhadap variabel pembiayaan bermasalah. Berdasarkan uji simultan (uji f) menunjukan bahwa variabel manajemen risiko pembiayaan murabahah secara internal dan manajemen risiko pembiayaan murabahah secara eksternal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan bermasalah. Kata Kunci : Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah Secara Internal, Manajemen Risiko Pembiayaan Murabahah Secara Eksternal Dan Pembiayaan Bermasalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:14
Last Modified: 03 Oct 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item