KONSEP MAHAR DALAM PEMIKIRAN IMAM ABŪ ZAKARIĀ YAHYĀ BIN SYARAF AL-NAWĀWI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBARUAN HUKUM KELUARGA DI INDONESIA

Ai, Ulfaturrosydah (2022) KONSEP MAHAR DALAM PEMIKIRAN IMAM ABŪ ZAKARIĀ YAHYĀ BIN SYARAF AL-NAWĀWI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBARUAN HUKUM KELUARGA DI INDONESIA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of B. ULFA FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of A. ULFA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Mahar merupakan pemberian wajib pihak laki-laki sebagai calon suami kepada pihak perempuan sebagai calon istri. Mengenai kadar mahar masih belum ada penentuannya standar minimal dalam perkawinan di Indonesia. dalam kitab Rauḍah al-Ṭālibīn menyebutkan batas minimal mahar 10 dirham dan maksimal 500 dirham. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana konsep mahar dalam pemikiran Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi dalam kitab Rauḍah al-Ṭālibīn? Kedua,bagaimana mahar dalam hukum keluarga di Indonesia? Ketiga, bagaimana kontribusi pemikiran Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi terkait mahar dalam hukum keluarga di Indonesia?. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan metode pustaka (library research serta menggunakan teori teori‘urf dan maṡlāḥaḥ mursalaḥ dan pendekatan filosofis, historis dan ushul fikih adapun data primernya itu bersumber dari kitab Rauḍah al-Ṭālibīn karangan Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Mahar menurut Imam Nawāwi termasuk dalam syarat sah pernikahan sehingga tidak menyebabkan rusaknya akad apabila tidak disampaikan saat akad nikah. Meskipun ini harus tetap dibayarkan. Batas minimal dan maksimal mahar sunnahnya ialah minimal 10 Dirham (Rp. 480.000,00). dan maksimal 500 Dirham (Rp. 24.000.000,00),. Dalam pembayarannya, boleh dilaksanakan atau diberikan dengan kontan atau hutang, akan tetapi disunnahkan untuk membayarkannya secara kontan. Kedua, kasus yang sering terjadi di tengah masyarakat Indonesia, yang mana mereka menerapkan mahar baik itu bentuk maupun jumlahnya dengan berbagai macam, ada yang tinggi bahkan ada yang rendah. Besar kecilnya mahar itu tidak menjadi suatu masalah, asalkan keduanya saling setuju sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 31 KHI. Ketiga, Ditinjau dari teori ‘urf dan maṡlāḥaḥ mursalaḥ bahwa penetapan besaran mahar menurut Imam Nawāwi tersebut jika dikaitkan dalam konteks sosial muslim Indonesia, bahwa hal tersebut bisa disesuaikan dengan adat kebiasaan masyarakat Indonesia, yang mana mayoritas mereka menganggap bahwa mahar bisa dilihat dari status sosialnya, menurut penulis, bahwa batasan minimal mahar yang dikatakan oleh Imam Nawāwi hanya perlu diambil konsepnya saja, adapun jumlahnya harus berbeda, tergantung pada kemampuan calon suami yang akan menikah. Misalnya ditetapkan bagi calon suami yang kaya minimal maharnya 20 gram emas, yang menengah 10 gram emas dan yang miskin 5 gram. Lalu ditetapkan batas maksimalnya mahar secara umum 100 gram emas, Meskipun tidak wajib tetapi aturan ini penting sekali dibuat secara tertulis agar bisa menjadi pedoman dalam menetapkan mahar dalam perkawinan. Keyword: Mahar, Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi, Kitab Rauḍah al-Ṭālibīn v ABSTRACT Mahar is an obligatory gift from a man as a prospective husband to a woman as a prospective wife. Regarding the level of mahar, there is still no determination of the minimum standard in marriage in Indonesia. in the book Rauḍah al-Ṭālibīn mentions the minimum mahar limit of 10 dirhams and a maximum of 500 dirhams. The formulation of the problem in this study is first, how is the concept of mahar in the thought of Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi in the book Rauḍah al-Ṭālibīn? Second, how is the mahar in family law in Indonesia? Third, what is the contribution of Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi's thoughts regarding mahar in family law in Indonesia?. This type of research is qualitative by using library research and using the theory of 'urf and maṡlāḥaḥ mursalaḥ and philosophical, historical and ushul fiqh approaches while the primary data comes from the book Rauḍah al-Ṭālibīn by Zakaria Yaḥya bin Syaraf al�Nawāwi The results of this study are First, the mahar according to Imam Nawawi is included in the legal requirements of marriage so that it does not cause damage to the contract if it is not submitted during the marriage contract. Although this must still be paid. The minimum and maximum sunnah mahar is a minimum of 10 Dirhams (Rp. 480.000,00). and a maximum of 500 Dirhams (Rp. 24,000,000.00). In the payment, it may be carried out or given in cash or debt, but it is sunnah to pay it in cash. Second, the case that often occurs in Indonesian society, where they apply mahar in various forms and amounts, some are high and some are low. The size of the mahar is not a problem, as long as both agree to each other as explained in Clause 31 of the KHI. Third, review from the theory of 'urf and maṡlāḥaḥ mursalaḥ that the determination of the amount of mahar according to Imam Nawāwi, if it is related to the social context of Indonesian Muslims, that it can be adapted to the customs of the Indonesian people, where the majority of them think that the mahar can be seen from their social status, According to the author, the minimum mahar limit stated by Imam Nawawi only needs to be conceptualized, while the amount must be different, depending on the ability of the prospective husband who will marry. For example, it is set for a rich future husband to have a minimum mahar of 20 grams of gold, 10 grams of gold for the middle class and 5 grams for the poor. Then the maximum limit for the mahar is generally 100 grams of gold. Although it is not mandatory, it is very important that this rule be made in writing so that it can be a guide in determining the mahar in marriage. Keyword: Mahar, Imam Abū Zakaria Yaḥya bin Syaraf al-Nawāwi, the book Rauḍah al-Ṭālibīn

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:19
Last Modified: 03 Oct 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item View Item