ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF PADA BUDIDAYA TANAMAN HIAS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI MASA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Budidaya Tanaman Hias Gunung Terang Bandar Lampung)

M., Halim Alkars (2022) ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF PADA BUDIDAYA TANAMAN HIAS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI MASA SEBELUM DAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Budidaya Tanaman Hias Gunung Terang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL HALIM.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi Kreatif pada masa Pandemi Covid-19 menjadi salah satu pendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia. Maraknya eksistensi tanaman hias dimasa pandemi disebabkan oleh banyaknya antusias masyarakat dalam bercocok tanam yang membuat permintaan akan produk tanaman hias meningkat drastis. Hal ini tentu menjadi suatu keuntungan dan problema baru dikarenakan keterbatasan stok tanaman hias yang membuat petani belum dapat mencukupi pasar sedangkan dalam proses pembudidayaannya memakan waktu yang lebih lama. Untuk itu perlu adanya strategi untuk memaksimalkan dan mengatasi hal tersebut dalam upaya peningkatan pendapatan rumah tangga. Permasalahan dalam penelitian ini mengarah pada peran ekonomi kreatif pada budidaya tanaman hias dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga yang ada di Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung dan ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan pembudidaya dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field research digunakan dengan cara menggali data yang besumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptf kualitatif memanfaatkan sumber data primer dan sekunder dengan penarikan sampel menggunakan cara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya peran ekonomi kreatif yang dilakukan oleh pembudidaya tanaman hias di Kelurahan Gunung Terang Kecamatan Langkapura Kota Bandar Lampung pada masa pandemi dan sebelum pandemi Covid-19 dapat membantu petani dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan upaya-upaya yang dilakukannya. Sedangkan dalam perspektif Ekonomi Islam, ekonomi kreatif yang dilakukan oleh pembudidaya tanaman hias Gunung Terang Bandar Lampung dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga beberapa telah ada yang sesuai dengan konsep dari Ekonomi Islam, namun juga terdapat yang belum sesuai dengan Ekonomi Islam, terutama nilai Ekonomi Islam yaitu belum menerapkan zakat secara benar. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Pandemi Covid-19, Budidaya Tanaman Hias, Pendapatan Rumah Tangga, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:00
Last Modified: 03 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item