ANALISIS RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH SELAMA COVID-19 DALAM MELUNASI PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro)

KHOIRUL, FIKRI (2022) ANALISIS RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH SELAMA COVID-19 DALAM MELUNASI PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHOIRUL FIKRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS RESTRUKTURISASI PEMBIAYAAN NASABAH PERBANKAN SYARIAH SELAMA COVID-19 DALAM MELUNASI PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Pada Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro) Indonesia merupakan salah satu negara yang terinfeksi Covid-19 sejak maret 2020. Pandemi Covid-19 merupakan dampak dari adanya virus corona. Covid-19 berdampak terhadap kinerja dan kapasitas nasabah bank dalam memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman, termasuk terhadap nasabah pembiayaan UMKM yang ada di BSI KC Kota Metro. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah satu bank yang melengkapi produk pembiayaannya. Berdasarkan Surat Edaran BI No. 13/18/Dpbs tahun 2011 tentang Perubahan atas surat edaran BI No. 10/34/Dpbs tahun 2008 yang membahas pelaksanaan retrukturisasi pembiayaan bagi bank umum syariah dan Unit Usaha Syariah yang kena dampak covid-19. Sehingga pihak Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro melakukan restrukturisasi pada pembiayaan bermasalah dengan metode Penjadwalan kembali (Rescheduling), persyaratan kembali (Reconditioning), penataan kembali (Restructuring). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan teknik analisa data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Manfaat penelitian ini adalah dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan khususnya yang berkaitan dengan restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada bank syariah terutama BSI KC Kota Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro telah melakukan restrukturisasi pada pembiayaan bermasalah terhadap nasabah yang terdampak covid19 sesuai dengan peraturan perundang�undangan, peraturan OJK dan telah sesuai dengan prosedu internal bank yang berlaku. Adapun dalam pelaksanaannya Bank Syariah Indonesia KC Kota Metro menggunakan metode Penjadwalan kembali (Rescheduling) diberikan keringan masalah jangka waktu, persyaratan kembali (Reconditioning) persyaratan diubah dengan tidak adanya batasan dalam pembayaran angsuran, penataan kembali (Restructuring). Kata kunci : Restrukturisasi, Pembiayaan bermasalah, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:43
Last Modified: 03 Oct 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21161

Actions (login required)

View Item View Item