PERAN MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur)

Aisyah, Febrianti Chairunisah (2022) PERAN MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PENINGKATAN PEREKONOMIAN DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Desa Sukorahayu Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia memiliki kawasan pesisir yang sangat luas, dan kebanyakan dari masyarakat yang tinggal di pesisir memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Namun, kondisi ekonomi nelayan identik dengan kemiskinan, karna banyak hal yang menyebabkan kemiskinan itu terjadi seperti, kurangnya modal yang dimiliki para nelayan, rendahnya teknologi yang dimiliki, rendahnya akses pasar, dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengolahan sumber daya alam. Dibandingkan dengan petani yang hanya bisa memproduksi padi, banyak produk olahan yang dihasilkan dari hasil laut seperti ikan asin, ikan asap dan lain sebagainya. Dengan banyaknya produksi olahan yang di hasilkan dari laut maka dapat menjadi nilai tambah untuk perekonomian nelayan maupun desa. Pokok masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan masyarakat nelayan terhadap peningkatan perekonomi desa dalam perspektif Ekonomi Islam di Desa Sukorahayu kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur. Dengan tujuan untuk mengetahaui sejauh mana peran para nelayan terhadap perekonomian desa dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan normative dan sosiologis yakni interaksi lingkungan yang sesuai dengan unit sosial, individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat. Adapun sumber data penelitian ini adalah masyarakat nelayan. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa peran masyarakat nelayan sudah berperan namun belum secara signifikan terhadap perekonomian desa karena kualitas SDM di desa sukorahayu masih terbilang kurang karena kurangnya informasi dan pelatihan dari pemerintah Desa Setempat sehingga masyarakat nelayan disana kurang berinovasi dalam mengolah hasil laut sebab bisa menjadi nilai tambah untuk ekonomi nelayan maupun desa. Selain itu masyarakat nelayan yang ada di Desa Sukorahayu juga berperan dalam kelompok nelayan yang membantu dalam hal kejadian – kejadian yang ada di laut seperti kecelakaan saat bekerja dilaut. Prinsip ekonomi syariah juga sudah diterapkan dalam transaksi di antara para nelayan seperti, membagi hasil melaut dengan adil, tidak adanya kecurangan dan barang yang dijadikan transaksi halal. Kata Kunci : Peran Nelayan, Ekonomi Desa, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:25
Last Modified: 03 Oct 2022 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item