PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) SUNGAI SEBAGAI OBJEK PARIWISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARAIAH (Studi Pada Wisata Curup Simpang Mutar Alam, Kecamatan Way Tenong. Kabupaten Lampung Barat)

ERLANGGA, ERLANGGA (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) SUNGAI SEBAGAI OBJEK PARIWISATA GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARAIAH (Studi Pada Wisata Curup Simpang Mutar Alam, Kecamatan Way Tenong. Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, kekayaan tersebut menjadi modal penting dalam pembangunan bangsa Indonesia dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di masing-masing daerah. Sehingga permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) Sungai Sebagai Objek Wisata di Desa Simpang Mutar Alam, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat dalam meningkatkan perekenomian? (2) Bagaimana Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) Sungai Sebagai Objek Wisata di Desa Simpang Mutar Alam Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat dalam meningkatkan perekonomian? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kulitatif dengan pendekatan field research, yaitu penelitian lapangan, disebut juga penelitian “kancah”. Pada penulisan ini penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan mengambil orang-orang yang benar-benar terpilih oleh peneliti menurut ciri-ciri spesifik yang dimiliki oleh sampel itu. Hasil penelitian yang penulisan lakukan menunjukan upaya pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang dilakukan oleh pengelola Wiasata Curup Simpang Mutar Alam terlihat berjalan secara efektif dan berhasil, terlihat mulai dari tahap pengelolaan sampai pada tahap pengorganisasian dan evaluasi kegiatan yang dilakukan para pengelola wisata. Objek Wisata sangatlah berperan positif bagi masyarakat sekitar. Karena dengan adanya wisata tersebut masyarakat dapat berkontribusi di dalam kepengurusan dan dengan membuka berbagai macam usaha sehingga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurut perspektif ekonomi islam, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang dilakukan oleh pengelola wisata curup simpang mutar alam sangat di anjurkan karena sesungguhnya Allah SWT menciptakan bumi beserta isinya untuk dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya yaitu dengan cara melakukan pemberdayaan oleh masyarakat dengan cara memanfaatkan Sumber Daya potensi lokal yang ada di masyararakat. Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Sumber Daya Alam, Pariwisata, Kesejahteraan Masyarakat, Perspektif Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:41
Last Modified: 03 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item