PENGARUH AKUNTABILITAS DANTRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PEMBANGUNANDESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Desa Buah Berak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan)

Fajrianti, Khasanah Putri (2022) PENGARUH AKUNTABILITAS DANTRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PEMBANGUNANDESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Desa Buah Berak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi fajrianti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisispengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaaan Keuangan terhadappembangunan desa dalam perspektif islam (Studi Pada Desa Buah Berak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlahsampel 45 responden yang telah mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan. Datapenelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner, diproses dandianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Metode yangdigunakan dalam penetuan sampel penelitian ini adalah tekhnik Random Sampling. Uji kualitas data dalam penelitian ini adalahuji validitas Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakanCronbach‟s Alpha. Untuk uji hipotesis menggunakan uji koefisiendeterminasi yang sudah disesuaikan dengan uji F dan uji T. Hasil data penelitian ini menunjukan bahwa Akuntabilitas berpengaruh terhadap Pembangunan Desa ditunjukan dengan hasil Uji Parsial Thitung sebesar 6,221 dan nilai Ttabel sebesar 2,018. Transparansi Pengelolaan Keuangan berpengaruh terhadap Pembangunan Desa ditunjukan dengan hasil Uji Parsial Thitung sebesar 6,603 dan nilai Ttabel sebesar 2,018. Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan berpengaruh secara simultan terhadap Pembangunan Desa dengan hasil Uji Parsial yaitu Fhitung sebesar 715,845 dan Ftabel sebesar 3,21. Menurut perspektif islam akuntabilitas dan transparansi merupakan sebuahamanah yang harus dijalankan oleh pemerintah desa (ulil amri) sebagaipertanggungjawaban kepada masyarakat. Amanah tersebut berupapengelolaan dana desa yang baik berdasarkan regulasi dan standarakuntansi yang berlaku. Kata Kunci: Akuntabilitas, Transparansi, Pembangunan Desa, Pespektif Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:43
Last Modified: 03 Oct 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item View Item