PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, DISCOUNT DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE DI TINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

RATNA, BUDI LESTARI (2022) PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, DISCOUNT DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA E-COMMERCE SHOPEE DI TINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecenderungan pembelian implusif (impulse buying) pada mahasiswa UIN Raden Intan Lampung, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelian implusif terhadap Shopping Lifestyle, Dicount, dan Fashion Involvement. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu Shopping Lifestyle (X1), Dicount (X2), Fashion Involvement (X3) dan Impulse Buying sebagai variabel dependen (Y). Rumusan masalah dalam peneltian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana pengaruh Shopping Lifestyle, Dicount dan Fashion Involvement terhadap Impuls Buying Behaiour, dan untuk mengkaji bagaimana pandangan Ekonomi islam terhadap keputusan pembelian implusif yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Raden Intan Lampung pada E-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada 400 responden di lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Kuesioner ini diberikan kepada mahasiswa yang pernah melakukan pembelian online pada E-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu Sampling Insidental/Accidental Sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 22 for Windows. Kemudian dilakukan uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan dilanjutkan pada uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai F hitung sebesar 64,805 dengan sig. 0,000, t hitung untuk masing-masing variabel yaitu 3,031 (X1), 2,871 (X2), dan 7,789 (X3) berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa, ketiga variabel secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Impulse Buying. Berdasarkan hasil determinasi R² dari ketiga variabel tersebut adalah 33,4%. Hal ini berarti ketiga variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan sebesar 33,4% variabel dependen. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Ditinjau dari perspektif ekonomi islam konsumen masih banyak yang memaksakan keinginan mereka demi mengikuti trend, gaya hidup dan kesenangan diri mereka sendiri. Hal ini menunjukan bahwa prilaku konsumen dalam melakukan transaksi pada E-commerce Shopee masih belum sesuai dengan syariat dan hukum ekonomi islam. Keywords : Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement dan Konsumsi Islam. ABSTRACT This study aims to determine how the impulse buying tendency of students at UIN Raden Intan Lampung is, as well as to find out whether there is an effect of impulsive buying on Shopping Lifestyle, Dicount, and Fashion Involvement. This study uses three independent variables, namely Shopping Lifestyle (X1), Dicount (X2), Fashion Involvement (X3) and Impulse Buying as the dependent variable (Y). The formulation of the problem in this research is to find out how the influence of Shopping Lifestyle, Dicount and Fashion Involvement on Impulse Buying Behavior, and to examine how the views of Islamic Economics on the impulsive buying decisions made by students of UIN Raden Intan Lampung on E-commerce Shopee. This study uses quantitative methods. Data was collected using a questionnaire method which was distributed to 400 respondents in the Raden Intan State Islamic University campus, Lampung. This questionnaire is given to students who have made online purchases at Shopee E-commerce. This study uses a data collection technique, namely Incidental Sampling. The analysis was carried out by processing data using SPSS 22 for Windows. Then the instrument test is carried out using the validity test, reliability test, and continued on the classical assumption test, and hypothesis testing From the results of this study, the calculated F value was 64,805 with sig. 0.000, t count for each variable, namely 3.031 (X1), 2.871 (X2), and 7.789 (X3). Based on the results of the analysis that has been carried out, it can be seen that, the three variables simultaneously and partially have a positive and significant effect on the Impulse Buying variable. Based on the results of the determination of R² of the three variables is 33.4%. This means that the three independent variables are only able to explain 33.4% of the dependent variable. While the rest is influenced by other variables that are not included in this research model. Viewed from the perspective of Islamic economics, many consumers still impose their desires in order to follow trends, lifestyles and their own pleasures. This shows that consumer behavior in conducting transactions on Shopee's E-commerce is still not in accordance with sharia and Islamic economic law. Keywords: Impulse Buying, Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement and Islamic Consumption.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:56
Last Modified: 03 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21118

Actions (login required)

View Item View Item