PEMBERLAKUAN MASA NEW NORMAL UNTUK PENCEGAHAN PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIFFIQH SIYASAH (Studi Di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan)

MUHAMMAD, IRZA FADILA (2022) PEMBERLAKUAN MASA NEW NORMAL UNTUK PENCEGAHAN PANDEMI COVID-19 PADA MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIFFIQH SIYASAH (Studi Di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD IRZA FADILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan kebijakan New normal yang mulai diterapkan oleh masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan, diduga akan dapat membawa perubahan dan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan . Namun, disisi lain dikhawatirkan justru akan memunculkan permasalahan baru dan dapat menjadi peluang munculnya kluster-kluster baru kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sebelumnya tidak pernah muncul di Kelurahan Tanjung Harapan. Berdasarkan latar belakan di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan dampak yang ditimbulkan dari pemeberlakukan kebijakan New normal. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana dampak pemberlakuan New normal terhadap ketahanan social ekonomi dan kesehatan masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara? 2) Bagaimana pemberlakuan New normal untuk pencegahan pandemi Covid-19 pada masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara dalam perspektif fiqh siyasah? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana penulis langsung terjun kelapangan (field research). Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap masyarakat yang sudah dtetapkan sebagai sampel atau narasumber penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan metide analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Pemberlakuan new normal untuk pencegahan pandemi Covid-19 dan dampaknya terhadap ketahanan sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara, dilaksanakan dengan menerapkan tiga hal yakni pemberlakuan new normal memberikan dampak protokol kesehatan ketat, pembatasan mobilitas dan kerumunan dan memperketat pengawasan dan pemberian hukuman bagi yang melanggar. Pemberlakuan new normal memberikan dampak terhadap ketahanan sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara berupa dampak positif dan dampak negatif. Dapat dinyatakan bahwa pemberlakuan new normal di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara sudah dilaksanakan namun hasilnya belum maksimal, karena didapati masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan sehingga terjadi peningkatan kasus Covid-19. 2) Pemberlakuan New normal untuk pencegahan pandemi Covid-19 pada masyarakat Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara dalam perspektif fiqh siyasah termasuk kedalam bidang siyasah dusturiyah, Kebijakan pemerintah melalui Pertauran Gubernur Nomor 45 Tahun 2020 hadir sebagai sebuah pedoman atau peraturan yang dibutuhkan. Sebab dalam kondisi pandemi tentu harus terdapat aturan yang mampu mengatur masyarajat sehingga dampak pandemi dapat diminimalisir sekaligus juga memberikan kemasalahatan bagi masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:46
Last Modified: 03 Oct 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21117

Actions (login required)

View Item View Item