PERAN HOME INDUSTRY KEDELAI DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN TENAGA KERJA MUSLIM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home Industry pengolahan kedelai di Desa Karang Sari kecamatan Jati Agung Lampung Selatan)

Florensia, Irena (2022) PERAN HOME INDUSTRY KEDELAI DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN TENAGA KERJA MUSLIM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Home Industry pengolahan kedelai di Desa Karang Sari kecamatan Jati Agung Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Florensia Irena fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan industri berarti membuka lapangan kerja dan ini berarti mengurangi jumlah pengangguran, karena pengangguran adalah masalah yang sangat rentan dalam pembangunan suatu negara, peranan industri kecil atau Home Industry sering dikaitkan dengan upaya-upaya pemerintah mengurangi pengangguran, memerangi kemiskinan dan pemerataan distribusi pendapatan. Seperti halnya Desa Karang Sari Lampung Selatan yang masyarakatnya rata-rata mempunyai mata pencaharian sebagian besar petani atau buruh. Salah satunya Home Industry Kedelai Desa Karang Sari Lampung Selatan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peran Home Industry Kedelai terhadap Penyerapan Tenaga Kerja dan Peningkatan Pendapatan Tenaga Kerja Muslim dalam Perspektif Ekonomi Islam Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Untuk pengumpulan data penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan dalam penelitian ini yaitu, pemilik dan tenaga kerja Home Industry Kedelai Desa Karang Sari Lampung Selatan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Home Industry Kedelai Desa Karang Sari Lampung Selatan walaupun sederhana tapi mereka merasa yakin dengan usaha yang mereka jalani bisa menyerap tenaga kerja yang lebih banyak dan bisa mengurangi pengangguran yang ada di Desa Karang Sari Lampung Selatan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera selain itu Home Industry kedelai yang dilakukan oleh tenaga kerja desa Karang Sari dalam meningkatkan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja merupakan usaha yang baik dan sejalan dengan syari‟at islam, karena keberadaan Home Industry kedelai ini telah ikut andil dalam mengurangi pengangguran, Tidak adanya pelanggaran syari‟at dalam proses yang dilakukan. penyerapan tenaga kerja pada home industry kedelai ini sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Kata kunci : Home Industry, Penyerapan Tenaga Kerja, Pendapatan dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:45
Last Modified: 03 Oct 2022 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item