ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP JUAL BELI PADA MYSTERY BOX (Studi Kasus Di Instagram Megatron Lampung)

Mukhlisatun, Hasanah (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP JUAL BELI PADA MYSTERY BOX (Studi Kasus Di Instagram Megatron Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1 2 5 Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi MukhLisatun Hasanah_1821030127.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli Mystery Box merupakan praktik jual beli secara online terhadap barang pesanan pelanggan yang dapat dikirim secara fisik yang dikemas secara khusus untuk memberikan nilai tantangan kepada setiap pembeli terhadap produk yang dipesan, yang secara umum memiliki konsep kejutan yakni secara sengaja pelanggan tidak tahu secara spesifik barang yang menjadi objek dari jual beli Mystery box. Secara umum konsep jual beli yang digunakan oleh perusahaan/pelapak Mystery Box di Instagram Megatron Lampung tidak sesuai dengan ketentuan mengenai objek dari bai‟ as-salam. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan jual beli mystery box di akun Instagram Megatron Lampung? dan Bagaimana jual beli mystery box di akun Instagram Megatron lampung serta manfaat dan mudarat jual beli mystery box di akun Instagram Megatron Lampung sesuai dengan hukum Islam dan hukum positif?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan jual beli Mystery Box di akun Instagram Megatron Lampung dan untuk mengetahui jual beli Mystery Box di akun Instagram Megatron Lampung serta manfaat dan mudarat jual beli Mystery Box di akun Instagram Megatron Lampung sesuai dengan hukum Islam dan hukum positif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris/sosiologis dengan menggunakan analisis kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dari akun Instagram Megatron Lampung, jurnal dan artikel mengenai Mystery Box dan mengenai hukum Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan wawancara yang dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa jual beli Mystery Box adalah jual beli di mana penjual hanya memberikan informasi mengenai jenis barangnya saja kepada calon pembeli. Produk tersebut berisi barang pilihan dari penjual yang diisi secara acak dan sekiranya menarik calon pembeli. Pembeli tidak dapat memesan apa yang akan menjadi isi dari Mystery Box tersebut, sehingga yang hanya mengetahui isi dari produk tersebut adalah penjual. Dalam jual beli Mystery Box ini pula, penjual menyatakan syarat mutlak bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan. Dari segi hukum Positif juga hal ini sudah dilarang dalam Undang Undang perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Dijelaskan bahwa pada pasal 5 Ayat (1) dijelaskan bahwa konsumen diperbolehkan memilih barang sesuai dengan keinginannya untuk digunakan atau dikonsumsi. Tidak ada yang berhak mengatur sekalipun produsen yang bersangkutan. Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Mystery Box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:32
Last Modified: 03 Oct 2022 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21112

Actions (login required)

View Item View Item