PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Vira, Prihandini (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Vira Prihandini.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini adalah Penggunaan teknologi informasi dalam pendidikan juga dapat mempengaruhi kinerja guru, dengan menggunakan teknologi informasi dalam pendidikan guru dapat mengolah data, menyimpan data, mendistribusikan data dengan cepat, mudah dan terstruktur. Untuk mendukung kinerja guru dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam proses pembelajaran dalam konteks sekarang ini memerlukan pengembangan dan perubahan kearah yang lebih inovatif, kinerja guru menjadi hal yang penting berbagai hasilnya implementasi inovasi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan atau pembelajaran. Teknologi informasi sangat menunjang keberhasilan dalam melaksanakan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuesioner (angket). Metode kuesioner (angket) ini digunakan untuk mengumpulkan data variabel Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pendidikan dan Kinerja Guru. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik (guru) MAN 2 Bandar Lampung sebanyak 74 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang, menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha cronbach dengan bantuan SPSS 16. Selanjutkan untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Teknologi Infomasi dalam Pendidikan terhadap Kinerja Guru di MAN 2 Bandar Lampung dengan korelasi variabel bebas dan variabel terikat adalah 0,782. Selain itu R2 sebesar 0,611 dengan taraf signifikansi 5 %. Hal ini berarti konstribusi variabel X (Penggunaan Teknologi iii Informasi dalam Pendidikan) terhadap variabel Y (Kinerja Guru) adalah sebesar 61,1 % dan sisanya sebesar 38,9 % disebabkan oleh faktor lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini. Rekomendasi yang diberikan penulis bagi guru kiranya dapat terus menggunakan teknologi sebagai alat bantu agar dapat meningkatkan kinerja lebih optimal, bagi sekolah diharapkan menyediakan fasilitas komputer yang memadai dan memberikan pelatihan, diklat tentang tik untuk guru. Kata Kunci : Kinerja Guru, Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pendidikan iv ABSTRACT The background in this research was the use of information technology in education can also affect the performance of teachers, by using information technology in education teachers can process data, store data, distribute data quickly, easily and structured. To support the performance of teachers in carrying out their roles and duties in the learning process in the current context requires development and changes to a more innovative direction, teacher performance becomes important, various results are the implementation of educational innovations in order to improve the quality of education or learning. Information technology is very supportive of success in carrying out work. This study aims to determine whether there was an effect of the use of information technology in education on teacher performance at MAN 2 Bandar Lampung. This research was quantitative research. The method used was by using a questionnaire method (questionnaire). This questionnaire (questionnaire) method was used to collect variable data on the use of information technology in education and teacher performance. The population in this study were 74 educators (teachers) at MAN 2 Bandar Lampung. The sample in this study was 35 people, using probability sampling technique with simple random sampling method. The validity test uses the product moment correlation technique of the person. While the reliability test used the Alpha Cronbach technique with the help of SPSS 16. Furthermore, to determine the results of the data collected, calculations were carried out using a simple linear regression technique. Based on the results of this study, it can be concluded that there was a significant influence between the use of Information Technology in Education on Teacher Performance at MAN 2 Bandar Lampung with the correlation of the independent variable and the dependent variable being 0.782. In addition, R2 is 0.611 with a significance level of 5%. This means that the contribution of variable X (Use of Information Technology in Education) to variable Y (Teacher Performance) is 61.1% and the remaining 38.9% is caused v by other factors that are not the focus of discussion in this study. Rekomendations given by the author for teachers to be able continue to use tecnology as a tool in order to improve performance more optimally, for schools it is expected to provide adequate computer facilities and provide training, education and training on information technology for teachers. Keywords: Teacher Performance, Use of Information Technology in Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:12
Last Modified: 03 Oct 2022 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item