PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS X PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Hendrika, Ii (2017) PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS X PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (77MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI INVERTEBRATA DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG OLEH II HENDRIKA Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang masih teacher centered. Proses pembelajaran tersebut lebih banyak menuntut keaktifan guru dari pada siswa sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Resource Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas x pada materi invertebrata di SMA Negeri 15 Bandar Lampung Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 April s/d 4 Mei 2017 di kelas X SMA N 15 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X IIS 4) dan kelas kontrol (X IIS 3). Model pembelajaran Resource Based Learning dilaksanakan pada kelas eksperimen (X IIS 4) sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis dan lembar angket motivasi belajar. Penggunaan model Resource Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi invertebrate kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung., hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent diperoleh taraf signifikan < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kata kunci : Model Pembelajaran Resource Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 13 Nov 2017 06:25
Last Modified: 13 Nov 2017 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item