STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDAR LAMPUNG DALAM MEMASARKAN PRODUK GADAI DI ERA PANDEMI

Nadia, Rossalinda (2022) STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDAR LAMPUNG DALAM MEMASARKAN PRODUK GADAI DI ERA PANDEMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADIA ROSSALINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan proses penyusunan rencana terpadu dalam bidang pemasaran dengan memanfaatkan hasil analisis internal dan eksternal. Strategi pemasaran merupakan sebuah logika pemasaran yang diharapkan oleh suatu perusahaan untuk dapat menciptakan nilai pelanggan serta mencapai pada hubungan yang menguntungkan. Setiap organisasi membutuhkan manajemen strategi yang baik untuk mewujudkan tujuan dari organisasinya, begitu juga dengan Pegadaian Syariah. Pegadaian Syariah Cabang Bandar Lampung pun demikian, pada masa pandemi covid-19 pemasarannya masih tetap meningkat dan mampu bersaing ditengah persaingan pemasaran yang semakin kuat. Dapat diasumsikan bahwa manajemen pemasaran yang diterapkan cukup baik. Untuk membuktikannya, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi atau mengungkapkan tentang strategi pemasaran yang diterapkan Pegadaian Syariah selama masa pandemi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian yang menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan objek penelitian. Sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang diperoleh langsung dari kepala lembaga dan staff marketing Pegadaian Syariah Cabang Bandar Lampung serta data sekunder yang diperoleh dari literatur, kepustakaan, buku, dan jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan reduksi data dengan mencatat data yang diperoleh secara rinci dan teliti, penyajian data dalam bentuk uraian singkat, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyusun strategi pemasaran selama masa pandemi Pegadaian Syariah memperhatikan beberapa aspek diantaranya : Segmenting yang dilakukan oleh pegadaian syariah adalah dengan membagi kelompok pasar yang terbedakan berdasarkan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku dengan pengelompokkan segmen pasar yang meliputi segmentasi geografis, yaitu pembagian segmen yang terbagi berdasarkan wilayah tempat tinggal nasabah yang menjadi target sasaran pasar dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah. Segmentasi demografis, pembagian segmen berdasarkan usia nasabah yaitu usia 17 tahun sampai 60 tahun. Segmentasi psikografis, pembagian segmen berdasarkan kelas sosial serta gaya hidup nasabah dan sasaran yang dibidik ialah pelaku UMKM. Segmentasi perilaku, pembagian ii berdasarkan kebutuhan antara lain kegiatan perdagangan, pendidikan, pertanian, perumahan, dan konsumsi. Targeting dilakukan dengan cara proses evaluasi segmen pasar yang meliputi ukuran dan pertumbuhan segmen pasar seperti usia nasabah, pendapatan nasabah, jenis kelamin, atau gaya hidup nasabah. Positioning yang dilakukan yaitu dengan memposisikan produk gadai syariah sesuai dengan kebutuhan nasabah selama masa pandemi covid-19. Kemudian pemasarannya menggunakan marketing mix yang meliputi 4P. Pertama Product, yaitu dengan menambah jumlah produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kedua, Price yaitu dengan memberi keringanan angsuran pada nasabah, dan memberikan diskon untuk nasabah dalam hal penebusan barang. Ketiga, Place yaitu dengan menciptakan suasana ruangan yang nyaman dalam melakukan transaksi dan menyediakan tempat parkir kendaraan yang aman. Keempat, Promotion yaitu promosi secara langsung dengan melakukan penjualan pribadi, dan promosi tidak langsung yang dilakukan menggunakan media periklanan, media sosial, dan publikasi. Dari keempat strategi tersebut, strategi harga merupakan strategi yang menjadi dominan terwujudnya pencapaian tujuan pemasaran Pegadaian Syariah selama masa pandemi covid-19, karena menawarkan harga yang relatif lebih murah dari perusahaan lain, terdapat keringanan biaya angsuran, dan banyak menyediakan diskon untuk nasabah. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, strategi pemasaran produk gadai syariah selama masa pandemi sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pendapatan dari transaksi gadai yang dilakukan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk gadai syariah, Pandemi Covid-19 iii ABSTRACT Marketing strategy is the process of preparing an integrated plan in the field of marketing by utilizing the results of internal and external analysis. Marketing strategy is a marketing logic that is expected by a company to be able to create customer value and achieve profitable relationships. Every organization needs a good strategic management to realize the goals of the organization, as well as Sharia Pawnshops. Even so, during the Covid-19 pandemic, marketing was still increasing and able to compete in the midst of increasingly strong marketing competition. It can be assumed that the applied marketing management is quite good. To prove it, this study aims to explore or reveal the marketing strategies implemented by Pegadaian Syariah during the pandemic. This research is a descriptive qualitative research, meaning research that uses qualitative methods as a research procedure that produces descriptive data that describes the object of research. The source of the data obtained is in the form of primary data obtained directly from the head of the institution and marketing staff of the Bandar Lampung Sharia Pawnshop Branch and secondary data obtained from literature, literature, books, and journals. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Data analysis uses data reduction by recording the data obtained in detail and thoroughly, presenting the data in the form of a brief description, and verifying the data or drawing conclusions from the data obtained. The results of this study indicate that in formulating a marketing strategy during the pandemic, Pegadaian Syariah pays attention to several aspects, including: segment division which is divided based on the customer's residence area which is the target market by adjusting the customer's needs. Demographic segmentation, segmentation based on the age of the customer, namely the age of 17 years to 60 years. Psychographic segmentation, division of segments based on social class and lifestyle of customers and the targeted target is UMKM actors. Behavioral segmentation, division based on needs, including trade, education, agriculture, housing, and consumption activities. Targeting is carried out by means of a market segment evaluation process which includes the size and growth of the market segment such as customer age, customer income, gender, or customer lifestyle. Positioning is done by positioning sharia pawn products according to customer needs during the covid-19 pandemic. Then the marketing uses a marketing mix which includes the 4Ps. iv First Product, namely by increasing the number of products according to customer needs. Second, Price, namely by providing installment relief to customers, and providing discounts for customers in terms of redeeming goods. Third, Place, namely by creating a comfortable room atmosphere in conducting transactions and providing a safe parking space for vehicles. Fourth, Promotion, namely direct promotion by making personal sales, and indirect promotion by using advertising media, social media, and publications. Of the four strategies, the pricing strategy is the dominant strategy for achieving the marketing objectives of Sharia Pawnshops during the COVID-19 pandemic, because they offer relatively cheaper prices than other companies, have reduced installment fees, and provide many discounts for customers. The conclusion from the results of the study is that the marketing strategy of sharia pawn products during the pandemic is quite good, this is evidenced by the increase in income from pawn transactions carried out. Keywords: Marketing Strategy, Sharia Pawn Products, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:28
Last Modified: 30 Sep 2022 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item