IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERSONAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

DELIMA, DZUHRIA ZAHRA (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PERSONAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan belajar merupakan permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam masalah proses belajar dimana peserta didik ini tidak dapat belajar dengan baik yang biasa ditandai oleh prestasi belajar yang menurun. Dalam mengatasi kesulitan belajar yang terdapat di MAN 1 Lampung Tengah perlu adanya bimbingan belajar dengan pendekatan personal, oleh sebab itu penulis mengangkat permasalahan dengan judul Implementasi pendekatan personal dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI Di MAN 1 Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui Implementasi bimbingan belajar dengan pendekatan personal dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI Di MAN 1 Lampung Tengah. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah penelitian lapangan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa penulis menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini berkenan dengan pelaksanaan bimbingan belajar dengan pendekatan personal dalam mengatasi kesulitan peserta didik dilakukan dengan layanan bimbingan individu dan bentuk treatment yang diberikan oleh guru bimbingan konseling menggunakan pengajaran remedial atau referal (alih tangan kasus), yang menjadi subjek penelitian adalah Guru Bimbingan Konseling, guru mata pelajaran, dan peserta didik kelas XI Di MAN 1 Lampung Tengah. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan metode mengacu, untuk melakukan pengecekan pada pengumpulan data atau informasi apakah hasilnya informasi metode wawancara sama dengan metode observasi atau hasilnya metode observasi sesuai dengan informasi saat dilaksanakan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang penulis lakukan dalam skripsi ini maka dapat disimpulkan bahwa implementasi bimbingan belajar dengan pendekatan personal dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik MAN 1 Lampung Tengah dapat membantu mengatasi kesulitan belajar yang telah dihadapi oleh peserta didik. Hal ini dibuktikan dari nilai yang cukup baik diatas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan adanya perubahan terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Pendekatan Personal, Kesulitan Belajar iii ABSTRACT Learning difficulties are problems faced by students in the problem of the learning process where these students cannot study well which is usually marked by decreased learning achievement. In overcoming the learning difficulties found in MAN 1 Central Lampung, it is necessary to have tutoring with a personal approach, therefore the author raises the issue with the title Implementation of a personal approach in overcoming learning difficulties for class XI students at MAN 1 Central Lampung. The purpose of this study was to find out the implementation of tutoring with a personal approach in overcoming the learning difficulties of class XI students at MAN 1 Central Lampung. The type of research that the author uses is descriptive qualitative field research. This research uses the type of research was descriptive qualitative field research, with data collection techniques interview, observation and documentation. To analyze the authors use qualitative analysis. This research was concerned with the implementation of tutoring with a personal approach in overcoming the difficulties of students carried out by individual guidance services and the form of treatment provided by counseling guidance teachers using remedial or referral teaching (handover cases), the subject of research is the Counseling Guidance Teacher, teacher subjects, and class XI students at MAN 1 Central Lampung. The validity of the data used triangulation with the reference method, to check the collection of data or information whether the results of the interview method information were the same as the observation method or the results of the observation method were in accordance with the information when the interview method was carried out. Based on the results of research and data processing that the authors did in this thesis, it can be concluded that the implementation of tutoring with a personal approach in overcoming the learning difficulties of students at MAN 1 Central Lampung can help overcome learning difficulties that have been faced by students. This is evidenced by a fairly good score above the minimum completeness criteria (KKM) and a change in students who have learning difficulties. Keywords: Tutoring, Personal Approach, Learning Difficulties

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Sep 2022 04:06
Last Modified: 30 Sep 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item