Annisa, Santya Agma (2022) PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATFAL AZ-ZAHRA AIR HITAM LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (18MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
ABSTRAK Penilaian dalam konteks pembelajaran di pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan berbagai informasi yang tentang kinerja dan kemajuan berbagai aspek perkembangan yang dapat dicapai oleh anak setelah mengikuti kegiatan pembiasaan dalam kurun waktu tertentu. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak. Bedasarkan pengamatan di RA Az�Zahra Air Hitam Lampung Barat di dapati bahwa penilaian pembelajaran masih dirasa kurang. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bagaiana penilaian pebelajaran yang di lakukan di RA Az-Zahra Air Hitam Lampung Barat berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang dihasilkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan di RA Az-Zahra Air Hitam Lampung Barat. Dan di perkuat dengan uji triangilasi diartikan sebagai teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada, Untuk penarikan kesimpulan peneliti menggunakan analisis pendekatan induktif yaitu cara menganalisis data dengan mengangkat fakta-fakta yang khusus atau peristiwa yang konkret. Hasil Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Raudhatul Atfal Az-Zahra Air hitam Lampung Barat sudah di lakukan degan baik sesuaidengan penilaian yang di sediakan oleh sekolah walau pum penilaian pembelajaran masihkurang dalam menilai perkembangan lain di karnakan lembar kerja pesrta didik lebih mnonjolkan perkembangan kognitifnya saja, dan pendidik tidak memiliki arsip di karnakan lembar kerja anak di pulangkan kembali tidak di kumpulkan dan di jadikan pertofolio. Kata Kunci : Penilaian Pembelajaran, Pendidikan, AUD iii ABSTRACT Assessment in the context of learning in Early Childhood Education is an effort to collect, analyze, and interpret various information about the performance and progress of various aspects of development that can be achieved by children after participating in habituation activities within a certain period of time. Assessment is the process of collecting and processing information to determine the level of achievement of a child's development. Based on observations at RA Az�Zahra Air Hitam, West Lampung, it was found that learning assessment was still lacking. Therefore, this study aims to determine the process of how the learning assessment carried out at RA Az-Zahra Air Hitam West Lampung took place. This research is a descriptive qualitative research resulting from observations, interviews, and documentation that researchers have done at RA Az-Zahra Air Hitam, West Lampung. And strengthened by the triangulation test is defined as a data collection technique that combines various data collection techniques and existing data sources. To draw conclusions, researchers use an inductive approach analysis, namely how to analyze data by raising specific facts or concrete events. The results of the Assessment of Early Childhood Education Learning at Raudhatul Atfal Az-Zahra Air Hitam, West Lampung, have been carried out well in accordance with the assessment provided by the school although the overall learning assessment is still lacking in assessing other developments because the student worksheets highlight their cognitive development only, and educators do not have archives because the children's worksheets are returned home and are not collected and made into portfolios. Keywords: Learning Assessment, Education, AUD
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:00 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21082 |
Actions (login required)
View Item |