PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ZULLIYANDARI, Agus Susanto (2022) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZULLIYANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada tema lingkungan sahabat kita materi siklus air dan dampaknya bagi kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Sebelum LKPD digunakan, dilakukannya tahap validasi dengan melibatkan enam validator yang terbagi atas validator ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Tahap uji coba dilakukan dengan desain One Group Pretest�Post Test, subjek uji coba skala kecil melibatkan 15 peserta didik dan subjek uji coba skala besar melibatkan 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan LKPD oleh ahli media mencapai 88% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian ahli materi mencapai 86% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan hasil penilaian ahli bahasa mencapai 86% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD IPA berbasis PBL diperoleh rata-rata keseluruhan mencapai 87% termasuk dalam kategori “Sangat Menarik” dan Keefektifan LKPD IPA Berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh hasil 0,71 dengan kategori “tinggi”. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:58
Last Modified: 29 Sep 2022 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item