PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN LABEL HARGA PROMO TIDAK SESUAI DENGAN HARGA RIIL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Kasus di Alfamart Ahmad Yani Desa Bagelen GedongTataan Kabupaten Pesawaran)

Adela, Destara Dewi (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN LABEL HARGA PROMO TIDAK SESUAI DENGAN HARGA RIIL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Kasus di Alfamart Ahmad Yani Desa Bagelen GedongTataan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL ADELA DESTARA DEWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Label harga promo yang tercantum pada sebuah produk di Alfamart Ahmad Yani merupakan informasi yang perlu diketahu oleh konsumen ketika hendak berbelanja. Karyawan yang bekerja pada shift itu menempelkan dan memeriksa label harga promo secara bergantian. Jual beli di Alfamart Desa Bagelen ditemukan sebuah promo di sebuah barang yang tidak sesuai saat melakukan pembayaran di kasir terjadi indikasi bahwa hal tersebut disebabkan karena kesengajaan dan kurang ketelitian dari salah satu karyawan Alfamart yang menempelkan label harga promo tersebut dan menyebabkan kerugian yang dialami beberapa konsumen. Ada dua persoalan dalam penelitian ini: 1) bagaimana perlindungan hokum terhadap konsumen dalam pengggunaan label harga promo tidak sesuai dengan harga riil di Alfamart Ahmad Yani Desa Bagelen? 2) bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pengggunaan label harga promo tidak sesuai dengan harga riil pandangan hukum Islam dan hukum positif di Alfamart Ahmad Yani Desa Bagelen? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam penggunaan label harga promo tidak sesuai dengan harga riil dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam dan hukum positifnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Untuk jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan metode deskkriptif komparatif. Sumber data primer dan sekunder yang diambil melalui teknik pengumpulan data yaitu secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) perlindungan hukum terhadap konsumen di Alfamart Ahmad Yani tidak sepenuhnya terlaksana karena hanya sebuah permintaan maaf dang anti rugi ysng diberikan hanya beberapa konsumen saja. 2) perlindungan hukum terhadap konsmen dalam hukum Islam maupun hukum positif telah diatur. Dalam hukum Islam Jual beli yang tidak mengedepankan sifat kejujuran dan keadilan dalam hal perdagangan dianggap dapat mendatangkan mudarat. Dalam hukum positif melanggar hak-hak konsumen. Perlindungan konsumen dalam hal ini terdapat dalam undang-undang nomor 8 tahun 1999 yang mengatur tentang hak dan kewajiban konsumen beserta pelaku usaha dalam pasal 4, 5 ,6, dan 7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:39
Last Modified: 29 Sep 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21066

Actions (login required)

View Item View Item