TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP SEWA JASA UPGRADE APLIKASI YOUTUBE PREMIUM (Studi Pada Akun Instagram @youtubefreemium)

MUHAMMAD, QORI LISSES (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP SEWA JASA UPGRADE APLIKASI YOUTUBE PREMIUM (Studi Pada Akun Instagram @youtubefreemium). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD QORI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pada zaman modern saat ini sewa menyewa tidak hanya mencakup tentang sewa menyewa untuk keperluan sehari-hari saja, tetapi juga untuk kebutuhan hiburan pengguna smartphone seperti sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun Instagram @youtubefreemium. Para pelanggan upgrade aplikasi youtube premium ini bertujuan untuk kepentingan pribadi yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang hanya untuk berlangganan di sebuah aplikasi streaming youtube. Para pelanggan kemudian beralih ke pihak-pihak sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium bajakan demi mendapatkan kelebihan fitur premium dalam sebuah aplikasi youtube dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga yang ditawarkan dari aplikasi resminya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana praktik sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun instagram @youtubefreemium? dan bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun Instagram @youtubefreemium? Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui praktik sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun instagram @youtubefreemium serta untuk mengetahui tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun instagram @youtubefreemium. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reaserch) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi, dan sifat penelitian ini ialah deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan dengan langsung mengamati praktik sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun Instagram @youtubefreemium. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Praktik sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun Instagram @youtubefreemium sama dengan sewa jasa lain yang ada di Instagram, dimana pemilik akun akan menyerahkan aplikasi atau objek sewa jasa kepada pelanggan setelah melakukan pembayaran yang telah ditentukan, namun objek yang digunakan adalah aplikasi youtube premium hasil bajakan atau modifikasi. Tinjauan hukum iii Islam tentang praktik sewa jasa upgrade aplikasi youtube premium pada akun Instagram @youtubefreemium ini dilarang karena tidak memenuhi rukun dan syarat dalam ijarah yaitu status kepemilikan pemberi sewa terhadap objek yang disewakan tidak sepenuhnya milik penyedia jasa itu sendiri, malainkan diperoleh dengan cara membajak aplikasi resminya. Tinjauan hukum positif mengenai kegiatan ini dilarang menurut undang-undang nomor 28 tahun 2014 yang menyatakan bahwa setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan atau penggunaan secara komersial ciptaan. Kata Kunci: Sewa Jasa, Youtube, Hak Cipta

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:05
Last Modified: 29 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21062

Actions (login required)

View Item View Item