PENGARUH PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADIS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MA UNWANUL FALAH KUPANG REJO PESAWARAN

Puji, Amelia Sari (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADIS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MA UNWANUL FALAH KUPANG REJO PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (914kB)
[thumbnail of Skripsi Puji Amelia Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan baca tulis Al-Qur‘an siswa kurang memuaskan diantaranya, kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‘an siswa berbeda-beda, kurangnya minat siswa dalam kegiatan proses pembelajaran, siswa belum bisa memfokuskan diri ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa merasa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik dan dilihat dalam proses pembelajarannya guru kurang memberikan motivasi yang baik kepada siswa. . Al Qur‘an Hadis merupakan mata pelajaran yang mengutamakan penguasaan kemampuan baca tulis Al Qur‘an. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis tertarik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Al-Qur‘an Hadis terhadap kemampuan baca tulis Al Qur‘an,subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Unwanul Falah Kupang Rejo Pesawaran yang berjumlah 34 siswa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan maksud untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel pembelajaran Al-Qur‘an Hadis sebagai variabel bebas, dan variabel kemampuan baca tulis Al-Qur‘an sebagai variabel terikat. Dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menggunakan kesioner atau angket, tes tulis dan tes lisan, serta dokumentasi. Angket yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penellitian ini yaitu jenis angket tertutup karena responden tinggal memilih jawaban yang telah disediakan oleh peneliti denngan cara memberikan tanda silang atau checklist oleh responden. Angket dibagikan kepada 34 responden.Dari hasil jawaban pada angket tersebut, penulis selanjutnya melakukan olah data dengan bantuan software SPSS, dan kemudian menganalisis hasil dari pengolahan data tersebut.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara pembelajaran Al-Qur‘an Hadis terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur‘an siswa, dengan demikian artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis antara variabel pembelajaran Al-Qur‘an Hadis dengan kemampuan baca tulis Al-Qur‘an siswa mempunyai t hitung > t tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil Uji Koefisien Determinasi (r 2 ) sebesar 0,646 atau 64,6%.. maka dapat dikatakan bahwa presentase sumbangan iv pengaruh variabel independen (Pembelajaran Al-Qur‘an Hadis) terhadap variabel dependen (kemampuan baca tulis Al-Qur‘an) Sedangkan sisanya sebesar 35,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkapkan dalam model. Kata Kunci :Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‘an, Pembelajaran Al�Qur‘an Hadis, Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:02
Last Modified: 29 Sep 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21061

Actions (login required)

View Item View Item