PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK HARAPAN JAYA LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Anggrina, Yova Nabilla Putri (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK DI TK HARAPAN JAYA LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Anggrina Yova Nabilla Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan Media Pembelajaran Dengan Media boneka tangan adalah alat atau perantara yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa boneka yang terbuat dari kain yang dibentuk menyerupai wajah dan bentuk tubuh dari berbagai bentuk dengan berbagai macam jenis sifat yang dimainkan menggunakan tangan dan digerakkan menggunakan jari-jari tangan. Sedangkan keterampilan berbicara adalah proses berkomunikasi dengan mengucapkan bunyi�bunyi artikulasi untuk menyampaikan maksud sehingga maksud tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak usia dini di TK Harapan Jaya Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan guru dan anak-anak kelas B1, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Data yang telah diperoleh tersebut untuk menguji keabsahan suatu data, maka peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam keterampilan berbicara anak dimulai dengan cara merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tema, kemudian guru menyiapkan alat dan bahan atau media pembelajaran yang akan di gunakan, menjelaskan bagaimana cara penggunaan media yang akan di lakukan, memberi motivasi agar anak mau mendengar dan menyimak saat pembelajaran berlangsung, kemudian pada saat berlangsung nya kegiatan guru sesekali melakukan tanya jawab kepada anak untuk memancing anak untuk berbicara dan mengetahu apakah anak menyimak kegiatan tersebut, dan di akhir kegiatan tidak lupa untuk guru menceritakan Kembali cerita yang sudah di ceritakan agar anak dapat mengingat dan paham isi dari cerita yang disampaikan. Keywords: Keterampilan Berbicara, Media Boneka Tangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:59
Last Modified: 28 Sep 2022 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21055

Actions (login required)

View Item View Item