IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

LELY, LIYA LITA (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LELY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 20 Bandar Lampung.” Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada saat pembelajaran tidaklah mudah dicapai, karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi peserta didik menurunya motivasi belajar dalam pembelajaran, baik dari diri sendiri maupun luar diri. Sebagaimana penuturan guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 20 Bandar Lampung, Ibu Diena Kartika Yudha, S.Pd ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kurangnya otivasi belajar yaitu, (1) diri sndiri, (2) keadaan lingkungan, (3) keluarga. Maka dengan adanya permasalahan tersbut guru bimbingan dan konseling mengadakan layanan bimbingan kelompok dengan melakukan diskusi melalui pelakksanaan layanan bimbingan kelompok yang nantinya akan dibekali WKPNS (wawasan, keterampilan, pengetahuan, nilai dan sikap) sebagai upaya mengatasi kedisiplinan pembelajaran kepada 8 peserta didik, yaitu ARA, SID, DA,AK IMK, DFJ, DDZ dan RA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung untuk mengetahui gambaran, pelaksanaan dan evaluasi serta hasil implementasi layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar di sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif naratif. Subjek merupakan guru bimbingan dan konseling kelas VIIIA di SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Alat instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru BK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dengan Teknik diskusi yang diberikan oleh guru BK kepada peserta didik untuk menigkatkan motivasi belajar membuat peningkatan pemahaman peserta didik dalam belajar dengan sungguh�sungguh dan tidak menutup kemungkinan peserta didik untuk dapat belajar dengan efektif meskipun pada saat pandemi Covid-19.Guru Bk sudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok daring untuk meningkatkan pemahaman motivasi belajar susuai dengan permasalahan peserta didik dan juga dengan adanya hasil wawancara, observasi dan iv dokumentasi menunjukan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan media google meet. Layanan bimbingan kelompok yang sudah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik sangan membantu peserta didik dalam memahami cara meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Motivasi Belajar. v ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Group Guidance Services with Discussion Techniques in Improving Learning Motivation in Class VIII Students at SMP Negeri 20 Bandar Lampung." In an effort to increase learning motivation during learning, it is not easy to achieve, because there are many factors that influence students' decreased motivation to learn in learning, both from themselves and outside themselves. As explained by the guidance and counseling teacher at SMP Negeri 20 Bandar Lampung, Ms. Diena Kartika Yudha, S.Pd, there are several factors that cause students to experience a lack of motivation to learn, namely, (1) self, (2) environmental conditions, (3) family. So with these problems, guidance and counseling teachers hold group guidance services by conducting discussions through the implementation of group guidance services which will later be provided with WKPNS (insights, skills, knowledge, values and attitudes) as an effort to overcome learning discipline to 8 students, namely ARA, SID, DA, AK IMK, DFJ, DDZ and RA. This study aims to describe how the implementation of group guidance services with discussion techniques to increase the learning motivation of class VIII students at SMP Negeri 20 Bandar Lampung to find out the description, implementation and evaluation as well as the results of implementing group guidance services with discussion techniques to increase learning motivation at the school. This research method uses descriptive narrative research. The subject is a class VIIIA guidance and counseling teacher at SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Instruments used to collect data are interviews, observation and documentation. Informants in this study were BK teachers. The results of this study indicate that the implementation of group guidance services with discussion techniques provided by BK teachers to students to increase learning motivation increases students' understanding in learning seriously and does not rule out the possibility of students being able to learn effectively even during a pandemic. Covid�19 BK teachers have implemented online group guidance services to improve understanding of learning motivation according to students' problems and also with the results of interviews, observations and documentation showing that guidance and counseling teachers have implemented group guidance services using the google meet media. vi Group guidance services that have been carried out by guidance and counseling teachers to students are very helpful for students in understanding how to increase learning motivation. Keywords: Group Guidance, Discussion Techniques, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:21
Last Modified: 28 Sep 2022 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21047

Actions (login required)

View Item View Item