TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMANFAATAN DANA INFAK DONATUR DOMPET DHUAFA UNTUK USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DAN KANGKUNG ( Studi Kasus Desa Negararatu Kecamatan Natar Lampung Selatan)

AUNILLAH, AL MURTAQI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PEMANFAATAN DANA INFAK DONATUR DOMPET DHUAFA UNTUK USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DAN KANGKUNG ( Studi Kasus Desa Negararatu Kecamatan Natar Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi bab 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Pemanfaatan infak secara konsumtif adalah pengumpulan dan pendistribusian yang dilakukan dengan tujuan agar memenuhi kebutuhan dasar ekonomi para mustahik berupa pemberian bahan makanan, dan lain sebagainnya serta bersifat pemberian dikonsumsi secara langsung, sedangkan pemanfaatan secara produktif yaitu pemanfaatan dengan cara memberikan bantuan modal yang akan dipakai sebagai usaha, pembinaan, pendidikan gratis dan lain-lain. Penelitian ini menarik beberapa permasalahan diantaranya adalah Bagaimanakah upaya pemanfaatan Dana Infak Donatur Dompet Dhuafa sebagai Usaha Budidaya Ikan Lele Dan Kangkung di Desa Negararatu Kecamatan Natar Lampung Selatan dan Bagaimanakah Tinjauan Hukum islam dalam pengelolaan dan infaq tersebut. Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan, data penelitian ini diperoleh langsung dari Desa Negararatu Kecamatan Natar yang menjadi objek penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan interview. Observasi dilakukan dilingkungan Desa Negararatu Kecamatan Natar tepatnya pelaksanaan Pemanfaatan dana infak donator Dompet Dhuafa sebagai usaha budidaya ikan lele dan kangkung. Interview dilakukan dengan karang taruna dusun dan juga pihak Dompet Dhuafa. Data yang telah dieroleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan metode deksriptif analisis yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode deduktif dimulai dari hal hal yang bersifat khusus yang kemudian ditarik kepada hal-hal yang bersifat umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses Pemanfaatan dana infak sudah sesuai dengan prosedur dalam agama islam yaitu adanya penyerahan dan disaksikan oleh orang lebih dari 2 orang. Pemanfaatan dana infak dari para donatur Dompet Dhuafa nantinya akan dimanfaatkan sebagai bentuk usaha budidaya ikan lele dan kangkung utuk ketahanan pangan dimasa pandemi. Pemanfaatannya bermula dari pihak donatur memberikan donasinya kepada pihak Dompet Dhuafa kemudian diteruskan kepada karang taruna dusun kemudian karang taruna dusun akan membuat suatu usaha yaitu budidaya ikan lele dan kangkung sebagaimana saran dari pihak Dompet dhuafa. Kata Kunci : Pengelolaan dana Infaq, Hukum Islam,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:50
Last Modified: 28 Sep 2022 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21040

Actions (login required)

View Item View Item