PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Astari, Sutarno (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ASTARI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI Oleh Astari Rendahnya keterampilan komunikasi dan literasi sains peserta didik di sekolah terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran SETS (Science Environment Technology Society) berbasis peta konsep terhadap keterampilan komunikasi dan literasi sains pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest�posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Tunas Bangsa dengan sampel X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes literasi sains dan lembar observasi keterampilan komunikasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian dengan MANOVA mengenai pengaruh model pembelajaran SETS berbasis peta konsep terhadap keterampilan komunikasi peserta didik memperoleh nilai Sig. 0,000<0,050 dan pengaruh model pembelajaran SETS berbasis peta konsep terhadap literasi sains peserta didik memperoleh nilai Sig. 0,000<0,050. Penelitian ini menunjukkan bahwa model SETS berbasis peta konsep dapat mempengaruhi keterampilan komunikasi dan literasi sains peserta didik. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Literasi Sains, Model Pembelajaran, dan Peta Konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:42
Last Modified: 28 Sep 2022 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21039

Actions (login required)

View Item View Item