IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IBS NUR SHOFIN NATAR LAMPUNG SELATAN

MAULIA, ISNAINI (2022) IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IBS NUR SHOFIN NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAULIA ISNAINI 1811010114(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IBS NUR SHOFIN NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh Maulia Isnaini Implementasi berarti penerapan atau pelaksanaan, implementasi bermuara pada aktifitas, aksi, tindakan atau adanya mekanisme suatu sistem. Asmaul husna ialah nama-nama Allah SWT yang baik yang berjumlah 99 nama. Perilaku yaitu tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Implementasi pembacaan asmaul husna merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di SMP IBS Nur Shofin Natar dengan tujuan membina perilaku peserta didiknya. Dalam hal ini terdapat faktor yang mendukung berjalannya kegiatan, tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa faktor yang menghambat kegiataan tersebut. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian dengan tujuan mencari bukti dan melihat keserasian antara perilaku peserta didik dengan asmaul husna yang mereka baca setiap hari serta mencari faktor pendukung dan penghambatnya. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Adapun keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi baik secara sumber, waktu dan model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembacaan asmaul husna terhadap perilaku peserta didik kelas VIII SMP IBS Nur Shofin Natar sudah berjalan dengan baik dan konsisten. Pelaksanaannya yaitu seusai sholat dhuha berjamaah di Masjid Nurul Iman dengan alat bantu pengeras suara. Bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan akan dikenakan hukuman, alhasil peserta didik tertib melaksanakan kegiatan. Oleh sebab itu, perilaku peserta didik dapat dikatakan telah mencerminkan asmaul husna yang mereka baca setiap hari. Dalam pelaksanaannya, ditemukan faktor pendukung dan penghambat yang sama-sama berasal dari peserta didik dan dari luar peserta didik. Kata kunci: implementasi, asmaul husna, perilaku. ii ABSTRACT IMPLEMENTASI PEMBACAAN ASMAUL HUSNA TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IBS NUR SHOFIN NATAR LAMPUNG SELATAN By Maulia Isnaini Implementation means the application or implementation, implementation boils down to activities, actions, actions or the existence of a system mechanism. Asmaul Husna are the good names of Allah, which are 99 names. Behavior is an individual's response or reaction to stimuli or the environment. The implementation of reading Asmaul Husna is one of the activities implemented at SMP IBS Nur Shofin Natar with the aim of fostering the behavior of its students. In this case, there are factors that support the activities, but in practice there are still several factors that hinder these activities. Therefore, it is necessary to conduct research with the aim of finding evidence and seeing the harmony between the behavior of students and the Asmaul Husna that they read every day and looking for supporting and inhibiting factors. In this thesis, a descriptive approach is used with qualitative research methods. The data obtained using data collection techniques in the form of interviews, observations and documentation. Then the data obtained were analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions. The validity of the data was tested using triangulation techniques both by source, time and model. The results of this study indicate that the implementation of the reading of Asmaul Husna on the behavior of class VIII students of SMP IBS Nur Shofin Natar has been running well and consistently. The implementation is after the dhuha prayer in congregation at the Nurul Iman Mosque with loudspeakers. For students who do not take part in the activity will be subject to punishment, as a result, students carry out the activities in an orderly manner. Therefore, the behavior of students can be said to have reflected the Asmaul Husna they read every day. In its implementation, found supporting and inhibiting factors that both come from students and from outside students. Keywords: implementation, Asmaul Husna, behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:53
Last Modified: 27 Sep 2022 07:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21037

Actions (login required)

View Item View Item