ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PORTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PT. DIMITRA ADI WIJAYA PROPERTY LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARI’AH (Studi Pada PT. Dimitra Adi Wijaya Property Lampung) ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PORTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PT. DIMITRA ADI WIJAYA PROPERTY LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARI’AH (Studi Pada PT. Dimitra Adi Wijaya Property Lampung)

AGUS, TRIONO (2022) ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PORTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PT. DIMITRA ADI WIJAYA PROPERTY LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARI’AH (Studi Pada PT. Dimitra Adi Wijaya Property Lampung) ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PORTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PT. DIMITRA ADI WIJAYA PROPERTY LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARI’AH (Studi Pada PT. Dimitra Adi Wijaya Property Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AGUS TRIONO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan pangsa pasar mereka dengan mengoptimalkan kesempatan yang tersedia di pasar dikarenakan persaingan antar perusahaan terjadi sangat tajam, dimana pesaing baru dapat masuk dengan mudah serta pemasok dan pelanggan dapat meningkatkan tawar-menawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : strategi apa saja yang dilakukan oleh PT. Dimitra Adi Wijaya Property dalam menghadi pesaing usahanya dan bagaimana strategi yang dilakukan oleh PT. Dimitra Adi Wijaya Property dalam perspektif bisnis Syari’ahnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah PT. Dimitra Adi Wijaya Property Bandar lampung dengan Objek penelitian dengan mengunakan objek penelitian 5 kekuatan porter. Narasumber yang digunakan adalan Manajer PT. Dimitra Adi Wijaya Property, 2 ketua team Leader bagian pemasaran dan beberapa Konsumen Perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan oleh PT. Dimitra Adi Wijaya Property seperti dengan memperbanyak jaringan marketing, memberikan reweard terhadap team pemasaran supaya selalu memiliki target dalam jualan, gaya beriklan Mengikuti perkembangan zaman di media sosial dan Olx, diferensiasi produk selalu dilakukan, dan memfasilitasi pelanggan berupa Free Biaya Proses, siap Trima kunci dan mendapat sertifikat hak milik (SHM). Perspektif bisnis syariah yang dilakukan oleh perusahaan seperti, memiliki keterbukaan diawal, melandaskan segala hal dengan usaha dan berdo’a, Memiliki prinsip syariah seperti, keadilan, Kenabian, Shiddiq, Khalifah dan Ma’ad, dan Menggunakan akad Syariah dengan bekerjasama kepada Bank Syariah (BSI dan CMB Niaga Syariah. iii ABSTRACT In the business world it is necessary to increase efficiency and maximize their market share by optimizing the opportunities available in the market because competition between companies is very sharp, where new competitors can enter easily and suppliers and customers can increase their bargaining. The purpose of this study is to find out: what strategies are carried out by PT. Dimitra Adi Wijaya Property in dealing with its business competitors and how the strategy is carried out by PT. Dimitra Adi Wijaya Property in his Sharia business perspective. This type of research uses a qualitative descriptive research method. The subject of this research is PT. Dimitra Adi Wijaya Property Bandar Lampung with the object of research by using the research object 5 porter powers. The resource person used is the Manager of PT. Dimitra Adi Wijaya Property, 2 head of the marketing team and several of the Company's Consumers. Data collection techniques were carried out by means of observation and interviews. Test the validity of the data using the credibility test of the extension of the observation. The results in this study indicate that there are several strategies carried out by PT. Dimitra Adi Wijaya Property such as by expanding marketing networks, providing reweard to the marketing team so that they always have a target in sales, advertising style Keeping up with the times on social media and Olx, product differentiation is always carried out, and facilitating customers in the form of Free Processing Fees, ready to receive keys and obtain a certificate of ownership (SHM). The sharia business perspective carried out by the company such as having openness at the beginning, basing everything with effort and prayer, having sharia principles such as justice, prophethood, shiddiq, caliph and ma'ad, and using sharia contracts in collaboration with sharia banks ( BSI and CMB Niaga Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:25
Last Modified: 27 Sep 2022 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item