KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV MI MATHLA’UL ANWAR PEMATANG TELUK PANDAN PESAWARAN

SUFI, NURUL AZIZAH (2022) KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS IV MI MATHLA’UL ANWAR PEMATANG TELUK PANDAN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu bentuk dan sumber dari pada ilmu adalah Al-Qur’an yang mana di MI Mathla''ul anwar menerapkan salah satu program tahfidz dilingkungan sekolah, hal ini memberikan efek yang sangat positif bagi peserta didik untuk mengenal lebih dalam dan mengahfal Al-Qur’an, hanya saja perlu strategi pembelajaran dan metode yang cocok untuk kelanjutan pembelajaran tahfidz agar lebih baik dan optimal lagi. diadakannya penelitian ini, guna mengetahui kelancaran peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, kesesuaian bacaan Al�Qur’an peserta didik dengan kaidah ilmu tajwid, dan ntuk mengetahui kefasihan peserta didik MI Mathla’ul Anwar dalam melafalkan hafalan Ayat Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menyajikan data dalam bentuk kata-kata tertulis maupun lisan, gambar dan bukan berupa angka. metode penelitian ini berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi Pelaksanaan pembelajaran di MI Mathla’ul Anwar Pematang terutama pada mata pelajaran tahfidz tidak sepenuhnya terlaksana dengan sempurna tanpa adanya kendala dalam prosesnya, melihat jenjang pendidikan yang masih di Madrasah Ibtidaiyah, tentunya masih ada begitu banyak keterbatasan yang menghalangi terlaksananya pembelajaran secara maksimal. Kemampuan peserta didik yang berbeda-beda tentunya ada yang cepat dalam menghafal dan lamban, peserta didik hanya menghafalkan juz amma ketika disekolahan saja tanpa murajaah dirumah mengakibatkan peserta didik belum terlalu lancar ketika setoran hafalan dengan guru, kurangnya pendampingan lebih dari orang tua wali murid untuk hafalan dirumah. Perlu diadakan evaluasi pelaksanaan pembelajaran tahfidz setiap akhir bulan antara guru, siswa dan orang tua. Metode dan strategi pembelajaran dalam mengajar tentunya harus diperbaiki dan dikembangkan agar proses pembelajaran berjalan lancar, tidak melulu peserta didik yang berperan, guru pun perlu berperan aktif dan dapat menguasai kelas yang sedang diajar dengan maksimal. Peran orang tua sangat penting bagi anak Kata Kunci: kemampuan, hafalan, Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:35
Last Modified: 27 Sep 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item