PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 3 DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

DESY, AMEYLIA (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 3 DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DESY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI IIS 3 DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 Oleh Desy Ameylia 1711080031 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik XI IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang melakukan perilaku prokrastinasi akademik seperti: penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design, design yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang melakukan prokrastinasi akademik. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan melalui perhitungan uji Wilcoxon Signed Ranks Test, Berdasarkan tes statistik dari Uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh Zhitung < Ztabel ( -2,521 < -1,96 ), dan diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,012 dimana nilai signifikansi 0,012 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam menurunkan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik XI IIS 3 di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Prokrastinasi Akademik. iv ABSTRACT THE EFFECT OF GROUP COUNSELING WITH TECHNIQUES COGNITIVE RESTRUCTURING TO REDUCE ACADEMIC PROCRASTINATION CLASS XI IIS 3 STUDENTS AT SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2021/2022 By Desy Ameylia 1711080031 This research was driven by the students’ presence in XI IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung who performed academic procrastination behaviors such as: delay in starting and completing assignments, delay in doing assignments, time gaps between plans and actual performance, doing other activities which were more fun. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling with cognitive restructuring techniques in reducing students' academic procrastination behavior at SMA Negeri 4 Bandar Lampung. This type of research is quantitative research with it’s research design is Pre-Experimental Design, the form of design used is One�Group Pretest-Posttest. This study samples were 8 students of class XI IIS 3 SMA Negeri 4 Bandar Lampung who performed academic procrastination. Based on data analysis, the results showed that Ho was rejected and Ha was accepted. By calculating the Wilcoxon Signed Ranks Test, based on statistical tests from the Wilcoxon Signed Ranks Test, it was obtained that Zcount < Ztable ( -2.521 < -1.96 ), and it is known that Asymp. Sig (2-tailed) is 0.012 where the significance value is 0.012 <0.05 so that Ha is accepted and Ho is rejected. Thus, it can be concluded that there is an effect of group counseling with cognitive restructuring techniques in reducing the academic procrastination behavior of students in XI IIS 3 at SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Keywords: Group Counseling, Cognitive Restructuring, Academic Procrastination.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:14
Last Modified: 27 Sep 2022 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item View Item