PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI NURUL ISLAM II KARANG SARI LAMPUNG SELATAN

M., Jamaludin (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI NURUL ISLAM II KARANG SARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI M. Jamaludin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada tingkat paling operasional, Kepala Madrasah adalah orang yang berada digaris terdepan yang mengkoordinasikan upaya meningkatkan pembelajaran yang tertentu. Kepala madrasah diangkat untuk menduduki jabatan yang bertanggung jawab mengkoordinasikan upaya bersama mencapai tujuan pendidikan pada level madrasah masing-masing. Dalam melaksanakan pekerjaan, kepala madrasah dituntut mempunyai sikap kepemimpinan yang bisa mempengaruhi kinerja guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah iTerdapat iPengaruh iKepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MI Nurul Islam II Karang Sari Lampung Selatan. Untuk imendapatkan isuatu idata, iinformasi idan ifakta iyang iakan imenunjukkan idan imenerangkan ipermasalahan, ipenulis idengan iini imenggunakan imetode ikuantitatif. iJenis ipengumpulan idata idalam ipenelitian iini iialah idengan imenggunakan ipenelitian ilapangan (Quisioner dan Wawancara) iialah ipenelitian iyang idilakukan isecara ilangsung idengan imengumpulan idata idan iinformasi iyang idiperoleh iselama ipenelelitian iberlangsung idilapangan idari iresponden idan imengamati ikeadaan isecara ilangsung. Berdasarkan dari hasil penelitian dan perhitungan membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MI 2 Nurul Islam Karang Sari Lampung Selatan dilihat dari pengujian uji persial (Uji-T), hasil nilai Thitung sebesar 3,232 dan nilai Ttabel sebesar 2,042 dengan nilai signifikansi 0,003. Dengan kriteria pengujian Thitung > Ttabel dan jika Signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (kepemimpinan kepala sekolah) terhadap variabel Y (kinerja guru) di MI 2 Nurul Islam Karang Sari Lampung Selatan. Selanjutnya berdasarkan uji koefisien determinasi ditemukan nilai R square sebesar 0,252 yang artinya pengaruh variabel X (kepemimpinan kepala sekolah) terhadap variabel Y (kinerja guru) sebesar 25,2%. Artinya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru berada pada katagori rendah dari jumlah keseluruhan 100%. Kata kunci : kepala madrasah, kinerja guru iii ABSTRACT At the most operational level, the Madrasah Principal is the person at the forefront of coordinating efforts to improve specific learning. The head of the madrasa is appointed to a position that is responsible for coordinating joint efforts to achieve educational goals at the respective madrasah level. In carrying out the work, the principal is required to have a leadership attitude that can affect teacher performance. The purpose of this research is to find out whether there is an influence of Madrasah Principal Leadership on Teacher Performance at MI Nurul Islam II Karang Sari, South Lampung. To obtain data, information and facts that will show and explain the problem, the author uses quantitative methods. The second type of data collection in this research is by using field research (Questionnaires and Interviews) is the research that was carried out directly by collecting data from the field and old research information that was conducted directly by iseel Based on the results of research and calculations prove that there is an influence between the variables of the principal's leadership on teacher performance at MI 2 Nurul Islam Karang Sari, South Lampung seen from the partial test (T-Test), the results of the Tcount value of 3.232 and the Ttable value of 2.042 with a significance of 0.003. With the test criteria Tcount > T table and if Significance < 0.05 then H0 is rejected so that there is a significant effect between variable X (leadership leadership) on variable Y (teacher performance) at MI 2 Nurul Islam Karang Sari, South Lampung. Next, based on the coefficient of determination test, it was found that the R square value was 0.252, which means that the influence of the X variable (leadership leadership) on the Y variable (teacher performance) was 25.2%. This means that the influence of the principal's leadership on teacher performance is in the low category of the total 100%. Kata kunci : principal teacher, performance madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:11
Last Modified: 27 Sep 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item