STRATEGI PELAKSANAAN PENYULUH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA (P3AKB) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM KB DI DESA SUMBER REJO KECAMATAN BANGKUNAT KABUPATEN PESISIR BARAT

SUSYANI, Sahrozi (2022) STRATEGI PELAKSANAAN PENYULUH PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK DAN KELUARGA BERENCANA (P3AKB) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM KB DI DESA SUMBER REJO KECAMATAN BANGKUNAT KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Susyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penyuluh Keluarga Berencana merupakana pengelola KB di lingkup lapangan. Undang-undang Republik Indonesia No, 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan peraturan presiden No, 62 tahun 2010 tentang badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyatakan bahwa BKKBN Pengendalian Penduduk dan penyelengaraan Keluarga Berencana. Namun saat ini strategi pelaksaan tersebut memiliki tantangan yang tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pelaksanaan Penyuluh P3AKB dalam mewujudkan Program KB, dan apa saja kendala yang dihadapi P3AKB dalam mewujudkan program KB, mengidentifikasi bagaimana Strategi Pelaksanaan di Desa Sumber Rejo Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Sifat penelitian ini adalah penelitian Deskriptif atau kualitatif jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengambilan sample menggunakan purposive Sampling. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara sebagai metode utama, sedangkan metode pelengkap dengan obervasi dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan analisis data kualitatif. Tempat penelitian berada di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Bangkunat, Kabupaten, Pesisir Barat. Dari hasil penelitian dilapangan dapat di simpulkan bahwa Strategi yang di lakukan oleh PLKB dalam pelaksanaan program KB dengan dua cara yaitu: Pertama: Metode Penyuluhan Individu melakukan penyuluhan secara door to door kunjungan dari rumah ke rumah dan melakukan proses konseling tujuan dalam pemberian proses konseling dalam program KB yaitu: meningkatkan penerimaan menjamin pilihan yang cocok menjamin penggunaan yang efektif, dan menjamin kelangsungan yang lebih lama. Kedua: Metode Penyuluhan Kelompok kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan pasangan usia subur (PUS) yang belum ber KB ini diadakan di kantor balai Kecamatan Bangkunat atau bersamaan dengan kegiatan posyandu di balai pekon Sumber Rejo. Ada beberapa cara dalam penyuluhan kelompok yaitu: ceramah, diskusi kelompok, curah pendapat dan seminar. Kata Kunci: Strategi Pelaksanan, Pemberdayaan Perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:27
Last Modified: 27 Sep 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item