PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

YUSFA, RINDA OKTAVIANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YUSFA RINDA 1811060049.011.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH BIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG Oleh: YUSFA RINDA OKTAVIANTI Berdasarkan identifikasi masalah di SMAN 15 Bandar Lampung, proses pembelajaran belum melatih kemampuan berpikir kreatif dan sikap ilmiah dari peserta didik. Pembelajaran yang terjadi di kelas masih menggunakan pendekatan yang berpusat dengan pendidik. Tujuan pada penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif, 2) untuk mengetahui pengaruh model SSCS terhadap sikap ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperiment dengan pendekatan Control group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik random sampling. Populasi yang digunakan sebanyak 146 peserta didik. sampel yang digunakan yaitu sebanyak 37 kelas eksperimen dan 37 kelas kontrol dan pengambilan data tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap ilmiah dilakukan di kelas X IPA 4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang. Istrrumen yang digunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan angket sikap ilmiah terhadap model pembelajaran SSCS. Hasil analisis kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai akhir 65,5 dengan kateogori cukup kreatif hal tersebut dikarenakan keterbatasan waktu yang minim saat proses pembelajaran berlangsung dan peserta didik belum terbiasa dengan soal kemampuan berpikir kreatif dikarenakan proses belajar sebelumnya belum pernah mengukur kemampuan berpikir kreatif. Hasil uji-t Independent untuk kelas eksperimen didapatkan hasil sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem. Sedangkan hasil analisis sikap ilmiah menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir 64 dengan kategori cukup memiliki sikap ilmiah. Hasil uji-t Independent untuk kelas eksperimen didapatkan hasil sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap sikap ilmiah peserta didik pada materi ekosistem. Kata Kunci : Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS), Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:19
Last Modified: 27 Sep 2022 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item