KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA

CAMELIA, FAUZIAH (2022) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover, 1,2,5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kreativitas pada seorang guru adalah salah satu faktor yang penting dalam dunia pendidikan. Kreativitas berperan dalam keberhasilan serta hasil belajar di sekolah. Sedangkan posisi guru dalam pelaksanaan pendidikan berada pada garis terdepan dalam menjamin proses pembelajaran berkualitas. Keberadaan guru dan kesiapan menjalankan tugas sebagai pendidik sangat menentukan terselenggaranya suatu proses pendidikan. Oleh karena itu, kreativitas guru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena akan mempengaruhi kualitas pembelajaran pada peserta peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apa Saja Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Peserta Didik di SMP Negeri 3 Tanjung Raja Lampung Utara. Jenis penelitian yang diterapkan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif (Qualitative Research), dengan berusaha mengkaji aktivitas sosial dengan mendeskripsikan dunia sosial melalui perspektif maupun penjelasan seseorang (narasumber) dengan keadaan yang sebenarnya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru PAI. Sumber data sekunder yang peneliti gunakan yaitu peserta didik dan dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada peserta didik di SMP Negeri 3 Tanjung Raja Lampung Utara, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran serta menggali data tentang sarana dan iv prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kreativitas Guru PAI dalam meningkatkan kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3 Tanjung Raja Lampung Utara. Yaitu (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode yang bervariasi. (2) Guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi pelajaran. (3) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di kelas maupun di luar kelas. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yaitu dengan cara melakukan diskusi kelompok, menumbuhkan minat pada siswa, mendisiplinkan peserta didik, mendayahgunakan sumber belajar yang ada di sekolah. Selain itu guru harus kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Kreativitas guru dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa, semakin guru kreatif dalam pembelajaran maka siswa mudah mengerti. Agar peserta didik memahami pelajaran Pendidikan agama Islam sehingga hasil belajar siswa menjadi baik. Kata kunci: Guru PAI, Kreativitas, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:26
Last Modified: 26 Sep 2022 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20998

Actions (login required)

View Item View Item