PENGARUH PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Oraqle Store Bandar Lampung)

M., HAIQAL SURYA RAMADHAN (2022) PENGARUH PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Konsumen Oraqle Store Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M. HAIQAL SURYA RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Prilaku konsumtif yang sering terjadi dilapangan yaitu dikalangan masyarakat didorong oleh hasrat untuk memiliki barang tersebut. Sehingga konsumen perlu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif, Metode pengumpulan data tersebut mennggunakan wawancara, observasi dan penyebaran kuisioner yang bersumber dari informan terpercaya selaku perilaku konsumtif gaya hedonis di oraqel Bandar lampung dengan jumlah mennetukan sampel dan populasi dari teori solvin menghasilkan 80 responden dengan hasil akhir dihitung menggunakan SPSS 22 Berdasarkan hasil uji T. Bahwa variabel independen Pendapatan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen perilaku konsumtif (Y1). Hal ini dibuktikan berdasarkan pengujian dua sisi tersebut hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 2.018. Sedangkan untuk thitung pada variabel hedonic sebesar 2.473. Berdasarkan hasil tersebut maka thitung pada variabel hedonic motives lebih besar dari ttabel (2.473 > 2.018), dan berdasarkan tingkat signifikansi 0.018 < 0.05 dapat diketahui bahwa Hi diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya hidup hedonis berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. (X2) Gaya Hidup Hedonis berpengaruh terhadap (Y1) Perilaku Konsumtif. (X1) Pendapatan dan (X2) Gaya hidup hedonis berpengaruh terhadap (Y1) Perilaku Konsumtif sehingga uji T yang menghasilkan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2.473 > 2.018 dan berdasarkan tingkat sigfikansi (0.018 < 0.05) dapat disimpul bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk kontribusi variabel gaya hidup hedonis dalam menjelasakan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif sebesar 12.7% dan sisanya 73% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat penelitian ini. Pandangan Ekonomi Islam (Y2) Terhadap pendapatan (X1) dan Gaya Hidup Hedonis (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y1) dibukktikan dengan Memenuhi kebutuhan dan bukan kepuasan/keinginan merupakan tujuan dari aktifitas ekonomi Islam, dan usaha untuk pencapaian Islam yang bersumber dari Al-qur’an dan Hadist Kata Kunci : Pendapatan, Perilaku Konsumtif, Hedonis, PersfektifEkonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:54
Last Modified: 26 Sep 2022 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item